DLH Kota Malang Tambah RTH Monumen Bola di Simpang Jalan Gajahmada

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

23 Juli 2024 06:05 23 Jul 2024 06:05

Thumbnail DLH Kota Malang Tambah RTH Monumen Bola di Simpang Jalan Gajahmada Watermark Ketik
Rencana desain monumen bola untuk RTH Kota Malang.

KETIK, MALANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang berencana menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di simpang Jalan Gajahmada. RTH tersebut berkonsepkan monumen bola sebagai representasi Kota Malang. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) RTH DLH Kota Malang, Laode KB Al Fitra. Menurutnya RTH tersebut nantinya mampu menambah nilai estetika Kota Malang. 

“Jadi nanti di simpang Jalan Gajahmada ada taman berbentuk segitiga dengan sejumlah tanaman didalamnya. Lalu juga ada monumen bola disana,” ujar Laode, Selasa (23/7/2024). 

Nantinya monumen bola akan dibangun dengan lebar sekitar 2 meter dan tinggi 2,48 meter. Ia menambahkan konsep tersebut sejalan dengan ikon klub bola Arema. 

“Monumen bola ini berkaitan dengan Kota Malang yang identik dengan klub bolanya yaitu Arema,” lanjutnya.

Sementara itu di bagian pagar akan dibuat melingkari taman. Pagar berkonsep heritage akan ditambahkan sesuai dengan branding Kota Malang. 

RTH itu telah digarap sejak awal Juli 2024 lalu. Ditargetkan taman pembangunan taman telah selesai di akhir Agustus 2024 nanti. 

“Luas tamannya itu sekitar 36,61 meter persegi. Awal pengerjaan sudah mulai awal Juli, prediksi selesai akhir Agustus nanti,” katanya.

Proyek tersebut telah direncanakan terlaksana pada tahun lalu. Sayangnya akibat keterbatasan anggaran, penambahan RTH di Kota Malang itu baru terealisasi di tahun ini. 

“Sebenarnya ikut program tahun lalu, berhubung ada sedikit perubahan, masuknya di program tahun ini,” tutup Laode. (*)

Tombol Google News

Tags:

DLH Kota Malang Kota Malang RTH Kota Malang Monumen Bola Ruang Terbuka Hijau