Diprediksi Turun Hujan, Pengendara yang Lewat Tol Ruas Jakarta-Cikampek Diimbau Waspada

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Gumilang

9 April 2024 07:45 9 Apr 2024 07:45

Thumbnail Diprediksi Turun Hujan, Pengendara yang Lewat Tol Ruas Jakarta-Cikampek Diimbau Waspada Watermark Ketik
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto: Jasa Marga)

KETIK, JAKARTA – Bagi anda para pemudik yang akan melewati rute Tol Trans Jawa, khususnya di ruas Jakarta Cikampek, Jawa Barat ada baiknya untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.

Pasalnya tampak awan mendung dan kabut yang menyelimuti ruas tersebut sejak pagi hari. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melalui ekspose perkiraan dini cuaca menginformasikan pada Selasa, (9/4/2024) pagi ini cuaca Cikampek, Karawang dan sekitarnya mendung berawan dengan kelembapan 90 persen.

Kabut tipis yang menyelimuti gerbang tol (GT) Cikampek Utama kilometer 69, berakibat berkurangnya jarak pandang pengendara. Oleh sebab itu dihimbau para pengendara untuk memperhatikan laju kendaraan dan menjaga kecepatan.

BMKG menambahkan dari siang hari hingga sore, diperkirakan akan turun hujan sedang yang disertai dengan petir. Pengendara diharap untuk mewaspadahi jalanan yanv menjadi licin dengan memperlambat laju kendaraannya.

Sementara itu, berdasarkan data dari petugas Jasamarga Transjawa Tol GT Cikampek Utama. Arus kendaraan terpantau ramai lancar dengan sekitar 6.962 unit kendaraan pagi ini pukul 07.06 WIB atau pada H-1 Lebaran ini. 

Jumlah tersebut melandai dibandingkan Senin (8/4/2024) malam atau H-2 Lebaran sebanyak 33.130 unit kendaraan yang melintas menuju ruas tol Palimanan.

Berkurangnya junlah kendaraan yang melintasi hari ini tentu membuat pengendara lebih leluasa memacu kendaraannya dengan kecepatan lebih dari 60 hingga 80 km perjam. Hal ini tentu tidak disarankan karena bisa beresiko menimbulkan kecelakaan. 

Terlebih masih diberlakukannya rekayasa lalu lintas satu arah atau one way hingga KM 414 Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah sampai dengan pukul 12.00 WIB siang ini, yang membuat arus lalu lintas lancar tanpa hambatan.

Direktur Direktorat Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso dalam keterangan tertulis yang diterima pada Selasa, dengan tegas mengingatkan para pengendara untuk selalu berhati-hati dan mematuhi petugas di lapangan demi keselamatan diri sendiri ataupun pengguna jalan yang lain.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arus Mudik cuaca buruk berkabut Hujan sedang petir pengemdara BMKG Tol Trans Jawa