Dinkes Jember Siapkan Logistik Tes Kesehatan Calon KPPS, Tersedia di Puskesmas

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

15 Desember 2023 10:10 15 Des 2023 10:10

Thumbnail Dinkes Jember Siapkan Logistik Tes Kesehatan Calon KPPS, Tersedia di Puskesmas Watermark Ketik
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jember dr. Hendro Soelistijono (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Untuk pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 terdapat tambahan persyaratan dengan menyertakan hasil tes kesehatan. Dalam tes tersebut memuat tiga indikator yakni tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan KPU Jember, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah menyiapkan logistik untuk pemeriksaan kesehatan yang didistribusikan ke puskesmas-puskesmas.

Kepala Dinkes Jember, dr. Hendro Soelistijono mengatakan, pihaknya memfasilitasi pemeriksaan tes kesehatan di puskesmas terdekat pada 11-20 Desember 2024. Dengan membayar Rp 10.000 untuk biaya retribusi jasa umum.

Hal ini untuk memastikan hasil pemeriksaan benar-benar sesuai dengan kondisi riil kesehatan para peserta. "Disamping ada pemeriksaan fisik, juga ada pengujian laboratorium yaitu gula darah dan kolesterol ini yang membutuhkan waktu," ujarnya.

Setidaknya setiap orang membutuhkan waktu 10 menit untuk menjalani pemeriksaan. Sebab itu ia meminta para calon KPPS untuk lebih bersabar. Karena tes kesehatan ini membutuhkan pemeriksaan yang mendetail.

"Kami tidak ingin memberikan pemeriksaan yang sifatnya rapid, karena berisiko terhadap sensitivitas hasil," lanjut dr. Hendro.

Adapun bagi beberapa puskesmas yang belum mampu melaksanakan pemeriksaan tersebut telah diminta saling berkoordinasi untuk digabungkan dengan puskesmas tetangga terdekat.

"Ada beberapa puskesmas yang belum mampu melaksanakan pemeriksaan laboratorium jadi kita gabungkan dengan puskesmas tetangga," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

KPPS pemilu2024 tes kesehatan Jember Dinas Kesehatan Puskesmas KPU