Dikawal Ribuan Pendukung, HDCU Daftar ke KPU Sumsel Naik Mobil Jeep

Jurnalis: Wisnu Akbar Prabowo
Editor: Gumilang

27 Agustus 2024 10:56 27 Agt 2024 10:56

Thumbnail Dikawal Ribuan Pendukung, HDCU Daftar ke KPU Sumsel Naik Mobil Jeep Watermark Ketik
Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, Herman Deru-Cik Ujang menaiki mobil jeep terbuka saat mendaftar di KPU Sumsel, Selasa 27 Agustus 2024. (Foto: Wisnu Akbar Prabowo/Ketik.co.id)

KETIK, PALEMBANG – Pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru-Cik Ujang (HDCU) menjadi paslon pertama yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Dengan dikawal ribuan pendukung, HDCU menaiki mobil jeep bak terbuka menuju KPU Sumsel. Keduanya tampak mengenakan pakaian koko putih dan berdiri menyapa para pendukungnya.

HDCU pun tiba di KPU Sumsel sekitar pukul 11.15 WIB dan langsung mengikuti proses pendaftaran. Pada kesempatan itu, berkas pencalonan HDCU telah dinyatakan lengkap, sehingga KPU hanya perlu melakukan verifikasi ulang terkait kebenaran berkas tersebut.

"Hari ini kita pasangan pertama mendaftar, dan berkas dinyatakan sudah lengkap tinggal verifikasi. Mohon petunjuk untuk tahapan selanjutnya," kata Herman Deru (HD) usai menyerahkan syarat pencalonan.

Gubernur Sumsel periode 2018-2023 ini pun mengungkapkan tidak berlomba-lomba untuk menjadi pendaftar pertama. Ia mengaku hanya ingin segera menyelesaikan tahapan pendaftaran supaya bisa berbenah jika ada koreksi dari KPU.

"Sebenarnya normatif tidak ada hal khusus, kita ingin segera menyelesaikan tahapan dengan cepat dan jika ada koreksi bisa dibenahi. Mudah-mudahan ini jadi tanggal baik," ujar dia. 

Melihat antusias masyarakat Sumsel dan apa yang diperbuatnya selama satu periode memimpin, HD mengaku optimis akan meraih kemenangan di Pilkada Sumsel nanti.

Dalam kesempatan itu juga, HD mengucapkan terima kasih kepada tim relawan dari Kota Palembang hingga daerah atas penerimaan yang baik selama melakukan kunjungan

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, yang dengan kerelaanya mengantarkan kami. Insya Allah dalam kajian ilmiah HDCU akan jadi pemenang,” tutur HD. 

Di tempat yang sama, Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya menyatakan bahwa pihaknya segera melakukan verifikasi berkas pencalonan HDCU sembari menjadwalkan pemeriksaan kesehatan paslon di Rumah Sakit Mohammad Husin (RSMH) Palembang. 

"Kita sudah menerima syarat pencalonan dari dan alhamdulillah dari pemeriksaan kami, dokumen persyaratan calon HDCU kami nyatakan lengkap," kata Andika. 

Usai pendaftaran, Andika menjelaskan, pemeriksaan kesehatan paslon HDCU dijadwalkan pada Rabu, 28 Agustus 2024 pukul 07.00 WIB. Ia pun mengimbau paslon HDCU untuk berpuasa mulai pukul 22.00 WIB malam ini dengan minum air putih secukupnya.

Diketahui, HDCU telah memperoleh dukungan dari 6 partai politik, yaitu NasDem, Demokrat, PKS, Perindo, PBB dan PSI. 

Selain HDCU, paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya-Anita Noeringhati (Matahati) telah dikonfirmasi akan mendaftar ke KPU Sumsel di Jakabaring pada hari Kamis lusa, 29 Agustus 2024.

Rencananya, Matahati akan melakukan pendaftaran pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB atau pukul 3 sore. Sedangkan untuk paslon Heri Amalindo-Popo Ali (Hapal) belum mengkonfirmasi jadwal pendaftaran mereka. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pendukung herman deru cik ujang hdcu Sumsel pilkada KPU Gubernur Wakil Gubernur