Diguyur Hujan, Kanjuruhan Culture Carnival di Kabupaten Malang Tetap Meriah

Jurnalis: Gumilang
Editor: Naufal Ardiansyah

25 November 2023 14:22 25 Nov 2023 14:22

Thumbnail Diguyur Hujan, Kanjuruhan Culture Carnival di Kabupaten Malang Tetap Meriah Watermark Ketik
Pesona Gondanglegi yang turut memeriahkan Kanjuruhan Culture Carnival. (Foto: Gumilang/Ketik.co.id).

KETIK, MALANG – Pertunjukan seni budaya Kanjuruhan Culture Carnival digelar di area Jalibar Kabupaten Malang, Sabtu (25/11/2023). Meski sempat diguyur hujan deras, tidak menyurutkan animo peserta maupun penonton untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

Ribuan peserta terlibat dalam Kanjuruhan Culture Carnival yang menampilkan aneka seni budaya. Meliputi cosplay, pertunjukan sendratari hingga aneka kirab ditampilkan pada kesempatan itu.

Kanjuruhan Culture Carnival juga disaksikan secara langsung oleh ribuan masyarakat. Selain itu pula dapat disaksikan secara video streaming. Ajang yang baru pertama kali digelar ini dalam rangka memperingati HUT ke 1263 Kabupaten Malang.

Salah satu cosplay dari Pesona Gondanglegi yang turut memeriahkan Kanjuruhan Culture Carnival. (Foto: Gumilang/ketik.co.id).

Kegiatan tersebut disaksikan secara langsung Forkopimda Kabupaten Malang. Diantaranya, Bupati Malang Sanusi dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi. Hadir pula Wabup Malang Didik Gatot Subroto dan pimpinan DPRD.

Yang istimewa dari ajang ini adalah penampilan dari Pesona Gondanglegi yang membawa 100 karakter cosplay. Selama ini, Pesona Gondanglegi merupakan ikon karnaval Kabupaten Malang.

Bupati Malang Sanusi mengatakan, Kanjuruhan Culture Carnival diikuti 33 kecamatan. "Kreasi seni dan budaya ini kedepannya dapat dikembangkan lagi untuk menarik animo wisatawan. Terlebih, wisatawan mancanegara," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Malang, akan menampilkan berbagai kreasi dan keunikan masing-masing wilayah, yang pada akhirnya diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Malang.

"Ini menjadi salah satu event budaya yang strategis dalam mewadahi kreativitas serta ekspresi dari masyarakat Kabupaten Malang, yang harapannya dapat terus diselenggarakan secara berkelanjutan," ungkapnya.

Kedepan kata Politisi PDI Perjuangan ini, Kanjuruhan Culture Carnival diharapkan dapat masuk kalender event nasional yang rutin diselenggarakan tiap tahun. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kanjuruhan Culture Carnival Kabupaten Malang Berita Malang Hari ini Pesona Gondanglegi