Didominasi Lansia, Calon Jamaah Haji asal Nagan Raya Sehat dan Siap Vaksin Meningitis

Jurnalis: Basriadi
Editor: Muhammad Faizin

22 April 2024 13:33 22 Apr 2024 13:33

Thumbnail Didominasi Lansia, Calon Jamaah Haji asal Nagan Raya Sehat dan Siap Vaksin Meningitis Watermark Ketik
Kepala Puksesmas Jeuram, dr Oktaria Elisa memantau pelaksanaan suntik vaksin untuk calon jamaah haji (CJH), Senin (22/4/2024). (Foto: Basriadi/Ketik.co.id)

KETIK, NAGAN RAYA – Sebanyak 108 calon jamah haji (CJH) asal Kabupaten Nagan Raya, Aceh menjalani pengecekan kesehatan terakhir di sejumlah puskesmas, Senin (22/4/2024). Mereka termasuk dalam Kloter 8 yang akan dijadwalkan berangkat pada bulan Juni 2024 mendatang.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahapan wajib yang harus dilakukan oleh calon jamaah sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Salah satu puskesmas yang menjadi tempat calon jamaah menjalani pemeriksaan kesehatan adalah Puskesmas Jeuram. 

Kepala Pukesmas Jeuram, dr Oktaria Elisa mengatakan, tahapan yang saat ini dilakukan oleh petugas haji di Kabupaten Nagan Raya adalah penyuntikan Vaksin Meningitis yang berpusat di seluruh pukesmas yang ada di Nagan Raya.

Menurut dr Oktaria, tujuan penyuntikan vaksin tersebut guna mencegah para jamaah haji dari penyakit yang menyebabkan peradangan pada selaput otak dan sumsung tulang belakang. Sehingga para jamaah nantinya tetap sehat dalam menjalnkan ibadah haji.

“Di Pukesmas Jeuram ada 35 jamaah haji yang dilakukan pemeriksaan dan penyuntikan Vaksin Miningitis, sedangkan untuk pemeriksaan fisik sudah dilakukan oleh dokter lainya,” ujar dr Oktaria Elisa.

Sedangkan untuk hasil pemeriksaan, lanjut dr Oktaria, meskipun jamaah tahun ini mayoritas lanjut usia namun dari hasil cek kesehatan para jamaah semua dikatakan layak berangkat pada tanggal 06 Juni 2024 medatang.

“Kita mengimbau kepada jamah jika ada keluhan tentang kesehatan agar cepat memberitahukan kepada petugas kesehatan agar bisa dilakukan penanganan medis demi kelancaran para jamaah nantinya,” pintanya.

Sementara itu, salah satu calon jamaah haji Samsul Rizal mengatakan, sebanyak 108 jamaah kloter 08 asal Kabupaten Nagan Raya sejak dua bulan lalu telah rampung melaksanakan tes kesehatan. Saat ini para jamaah sedang menunggu jadwal tahapan selajutnya yakni manasik haji.

“Sejak dua bulan lalu kami para jamaah haji ini sudah melewati sejumlah pemeriksaan darah, jantung dan kesehatan lainya. Alhamdulillah semuanya baik. Kini tinggal kami tunggu arahan untuk manasik haji di tingkat Kabupaten,” ujarnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Calon Jamaah haji asal Nagan Raya Haji 2024 Aceh