Diaspora Siap Jadikan Eks Karesidenan Madiun Kekuatan Ekonomi Jatim Barat

Jurnalis: Eko Suprayitno
Editor: Marno

15 Mei 2023 19:06 15 Mei 2023 19:06

Thumbnail Diaspora Siap Jadikan Eks Karesidenan Madiun Kekuatan Ekonomi Jatim Barat Watermark Ketik
Mantan Gubernur Jatim Soekarwo dan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dalam acara Halal Bi Halal Diaspora Pawitandirogo di TMII Jakarta/Humas Pemkab Ponorogo

KETIK, PONOROGO – Wilayah eks Karesidenan Madiun memiliki potensi menjadi pusat kekuatan ekonomi baru di Jawa Timur bagian barat .

Untuk mewujudkan sebagai basis kekuatan ekonomi baru di Jawa Timur, kabupaten/kota di eks Karesidenan Madiun harus bersinergi dan saling bekerja sama untuk saling melengkapi.

Hal itu disampaikan Susiwijono Moegiarso ketua Paguyuban Warga Ponorogo (Pawargo) dalam momentum halal bi halal Paguyuban Pawitandirogo (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, dan Ponorogo) di Sasono Utomo Taman Mini Indah Indonesia (TMII) Jakarta, Minggu (14/5/2023).

”Kita diskusi bagaimana membangun wilayah di eks Karesidenan Madiun. Tadi kita sampaikan bahwa antar kabupaten/kota tidak berkompetisi tetapi bersinergi,” ujar Susiwijono yang juga Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian itu.

Sektor pariwisata lanjut Susijiwono ketika ingin mendatangkan wisatawan asing, intergrasi objek wisata di karesidenan Madiun harus dilakukan. Begitu juga ketika ingin membangun kawasan industri manufaktur dan lain sebagainya.

“ Kita harus saling melengkapi. Misalnya pariwisata, tidak mungkin untuk menarik wisatawan asing hanya mengandalkan satu pariwisata,” tegasnya

Foto Suswijono Moegiarso Ketua PawargoSuswijono Moegiarso Ketua Pawargo

Para diaspora, terang Susiwijono, mempunyai keinginan kuat terlibat langsung menjadikan eks-karesidinan Madiun menjadi pusat ekonomi di wilayah Jawa Timur bagian Barat tersebut.

Untuk menerjemahkannya, dalam waktu dekat Paguyuban Pawitandirogo akan mempertajam dikskusi guna menyusun rencana kontribusi konkrit keterlibatan mereka.

“Kita bikin acara di Madiun, kita konkretkan lagi kontribusi kita seperti  apa,” ungkapnya.

Bupati Sugiri Sancoko yang hadir dalam acara tersebut bersama menyambut positif akan gerakan dari para diaspora yang turut menysuun strategi dalam memajukan daerah atau tanah kelahirannya.

‘’Sejak awal saya mengajak dan membuka pintu seluas-luasnya bagi siapapun yang memiliki darah dan handarbeni Ponorogo untuk terlibat memajukan Kota Reog,’’ tegasnya.

Diketahui, para diaspora dari wilayah eks – Karesidenan Madiun memiliki ikatan yang kuat dalam turut serta membangun daerah asalnya. Merekapun mulai mulai bergerak, dengan menyiapkan langkah-langkah konkrit untuk terlibat memajukan daerah asal mereka. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Diaspora Pawitandirogo TMII Jakarta Pakde Karwo Bupati Sugiri Sancoko Eks Karesidenan Madiun Kekuatan Ekonomi Susiwijono Moegiarso