Detik-detik Proklamasi di Kepanjen, Polres Malang Ajak Pengguna Jalan Berhenti Sejenak

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

17 Agustus 2024 09:22 17 Agt 2024 09:22

Thumbnail Detik-detik Proklamasi di Kepanjen, Polres Malang Ajak Pengguna Jalan Berhenti Sejenak Watermark Ketik
Polres Malang mengajak penggunaan jalan di perempatan Kepanjen, Kabupaten Malang, berhenti sejenak untuk menghormati bendera merah putih di detik-detik Proklamasi, Sabtu (17/8/2024). (Foto: Humas Polres Malang)

KETIK, MALANG – Suasana di perempatan Kepanjen, Kabupaten Malang hening sejenak ketika detik-detik Proklamasi, Sabtu, (17/8/2024).

Polres Malang mengajak seluruh pengguna jalan berhenti dan melakukan penghormatan bendera merah putih.

Tepat pada pukul 10.00 WIB, pihak kepolisian setempat menghentikan sementara arus lalu lintas di keempat ruas jalan untuk mengajak para pengguna jalan memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI.

Suasana di lokasi tersebut mesin-mesin kendaraan bermotor dimatikan secara serentak oleh para pengendara. Dalam suasana penuh khidmat, sejumlah anggota Satlantas Polres Malang mengibarkan bendera Merah Putih di tengah jalan.

Petugas juga mengajak seluruh pengguna jalan  dan warga sekitar yang kebetulan melintas di tempat tersebut, untuk memberikan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih.

Kasi Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.

Aksi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran nasionalisme di kalangan masyarakat, terutama generasi muda, untuk selalu menghormati simbol-simbol negara dan menjaga persatuan serta kesatuan bangsa.

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk tidak melupakan sejarah dan jasa para pahlawan. Dengan menghentikan sejenak aktivitas dan memberikan penghormatan kepada bendera Merah Putih, kita semua diajak untuk mengenang kembali semangat perjuangan yang telah ditanamkan oleh para pendiri bangsa," ujarnya.

Tidak hanya pengendara, kata ia, elemen masyarakat sekitar, termasuk anak-anak sekolah, turut serta dalam aksi ini. "Masyarakat maupun pengguna jalan kompak berdiri tegak, menghadap bendera yang berkibar dengan megah, sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya," jelasnya.

Menurutnya usai pelaksanaan detik-detik Proklamasi, petugas melanjutkan kegiatan dengan membagikan bendera Merah Putih kepada para pengguna jalan dan warga sekitar sebagai bentuk simbolis peringatan hari kemerdekaan.

Kegiatan ini, masih kata Kasi Humas Polres Malang, disambut antusias oleh masyarakat, yang merasa terharu dengan aksi yang dilakukan oleh aparat kepolisian.

“Alhamdulillah kegiatan berlangsung dalam suasana yang khusyuk serta mendapat sambutan positif dari masyarakat dan pengguna jalan. Semoga momen ini menjadi pengingat untuk selalu menghargai perjuangan para pahlawan dan menjaga persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia,” tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Detik-detik proklamasi Polres Malang Kabupaten Malang Kepanjen HUT ke-79 RI