Desa Sumbergondo Juara 1 Pelaksana Gotong Royong Terbaik 2024 Tingkat Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

17 Agustus 2024 16:00 17 Agt 2024 16:00

Thumbnail Desa Sumbergondo Juara 1 Pelaksana Gotong Royong Terbaik 2024 Tingkat Kota Batu Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu menyerahkan penghargaan juara ke desa pemenang Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tahun 2024 usai Upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI di Balai Kota Among Tani, Sabtu (17/8/2024). (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Batu memberikan penghargaan ke Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji sebagai juara 1 Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tahun 2024.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan PJ Wali Kota Batu Aries Agung Paewai usai Upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI di Balai Kota Among Tani, Sabtu (17/8/2024).

Kepala Dinas P3AP2KB Kota Batu, Ririk Mashuri menyampaikan pelaksanaan bulan bakti gotong royong tahun 2024 sesuai dengan Peraturan menteri dalam Negeri Nomor 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan BBGRM.

Yang salah satu rangkaian kegiatannya adalah penilaian pelaksana gotong royong terbaik tahun 2004. "Penilaian administrasi kami lakukan di tanggal 22 Juli 2024, dan tinjau lapang tanggal 23 Juli 2024," urainya.

Ririk menjelaskan, penilaian pelaksana gotong royong terbaik tahun 2004 dilaksanakan melalui tiga bidang. Yaitu bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang sosial budaya keagamaan dan bidang kesehatan dan lingkungan.

Bulan bakti gotong royong tahun 2024, lanjut Ririk, dalam rangka pengentasan kemiskinan. Pihaknya memberikan stimulan agar masyarakat bisa bergotong royong untuk peningkatan perekonomian, kesehatan dan sosial budaya.

"Nah itu nanti kan sejalan dengan program pusat untuk meningkatkan pendapatan dan mengentaskan kemiskinan," jelasnya.

Mewakili Kepala Desa Sumbergondo, Kasi Kesra Pemerintah Desa Sumbergondo, Imam Maulidi menguraikan program desa yang mengantarkan pihaknya mendapatkan prestasi tersebut. Menurutnya, itu semua berkat sinergi dan kolaborasi semua warga Desa Sumbergondo.

"Ya, karena untuk menerapkan hal ini, utamanya kami butuh kolaborasi dari masyarakat semuanya. Terlebih untuk menjaga kebersihan lingkungan, dan juga diikutsertakan di bidang pembangunan di tingkat desa," ulasnya.

Menurutnya, keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan desa sangat penting. Pemdes Sumbergondo selalu menanamkan konsep bahwa semua warga harus merasa ikut memiliki desa. 

Selain itu, ditegaskannya, Pemerintah Kota Batu selalu mendukung dan melakukan pembinaan ke desa. Sehingga banyak yang mau terlibat dalam kemajuan desa.

"Kami selalu melibatkan masyarakat di bidang-bidang itu. di kemasyarakatan, ekonomi, dan sosial budaya," tambahnya.

Imam berharap, dengan penghargaan itu, Desa Sumbergondo lebih maju lagi. Kemudian pembangunannya lebih optimal, ekonominya meningkat, dan masyarakat lebih mencintai desanya.

Kedepannya, pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan prestasi ini bersama masyarakat Desa Sumbergondo. 

"Selain penghargaan Pelaksana Gotong Royong Terbaik, desa kami juga meraih penghargaan penyerapan anggaran desa terbaik untuk penanganan sampah," ujarnya. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Pemkot Batu Bulan Bakti gotong royong Dinas P3AP2KB Kota Batu Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tahun 2024 Desa Sumbergondo