Demokrat Tanggapi Partai Ummat Dukung Anies Baswedan 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

17 Februari 2023 06:07 17 Feb 2023 06:07

Thumbnail Demokrat Tanggapi Partai Ummat Dukung Anies Baswedan  Watermark Ketik
Anies Baswedan saat berkunjung ke DPP Partai Demokrat. (Foto: Instagram aniesbaswedan) 

KETIK, JAKARTA – Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra meyakini dukungan yang diberikan Partai Ummat ke Anies Baswedan sebagai capres 2024 merupakan keniscayaan perubahan yang tidak bisa dihindari. 

"Setiap dukungan sangatlah berharga dalam perjuangan memenangkan suara rakyat pada Pemilu 2024," ucap Herzaky saat dihubungi, Kamis, 16 Februari 2023.  

Menurut Herzaky, besarnya harapan akan perubahan dan semangat ini terus mendorong agar koalisi perubahan dibentuk. 

"Harapan akan perubahan begitu besar," kata dia. 

Seperti diketahui, Partai Demokrat sebelumnya telah menyatakan dukungan untuk Anies Baswedan maju dalam Pilpres 2024. Anies sebelumnya telah dideklarasikan oleh Nasdem sebagai capres yang akan diusung pada 2024. Setelah Demokrat, giliran PKS yang menyatakan dukungan kepada Anies. 

Tiga partai itu pun disebut-sebut akan membentuk koalisi yang diberi nama Koalisi Perubahan. Namun hingga kini, koalisi itu belum dideklarasikan. 

Menurut Herzaky, tambahnya dukungan dari Partai Ummat sebagai partai baru, disambut baik oleh Demokrat sebagai bagian dari Koalisi Perubahan. 

"Kami tentu menyambut baik setiap dukungan untuk Mas Anies," katanya. 

Meski dukungan itu datang dari partai non parlemen, Herzaky mengatakan, keberadaannya akan tetap berpengaruh pada elektabilitas capres yang diusung koalisi. 

Sebelumnya, Partai Ummat secara resmi menyatakan dukungannya kepada Anies Baswedan untuk maju pada Pemilihan Presiden 2024. Keputusan untuk mendukung Anies itu diumumkan pada penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat pada Rabu, 15 Februari 2023. 

Pendiri sekaligus Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais, mengumumkan secara langsung dukungan tersebut. Amien menyatakan pihaknya telah melayangkan undangan ke berbagai pihak yang dinilai berpotensi maju pada Pilpres 2024. Anies, disebut sebagai pihak yang paling antusias terhadap upaya dukungan dari Partai Ummat. (*)

Tombol Google News

Tags:

DPP Demokrat Partai Ummat Anies Baswedan Amien Rais