Dalang Muda Kota Batu Lolos 10 Besar Festival Dalang Muda Jawa Timur

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

8 November 2023 11:00 8 Nov 2023 11:00

Thumbnail Dalang Muda Kota Batu Lolos 10 Besar Festival Dalang Muda Jawa Timur Watermark Ketik
Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Batu Eko Saputro. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Seorang dalang muda dari Kota Batu, mengikuti Festival Dalang Muda Jawa Timur yang akan berlangsung di Kota Surabaya hari ini, Rabu (8/11/2023) malam. 

Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Batu Eko Saputro menjelaskan, dalang muda tersebut adalah Lutfi Zibahnul Aziz warga Desa Sumberejo yang saat ini masih berumur 25 tahun.

"Lutfi ini sebelumnya masuk 10 besar dalang muda dalam seleksi yang dilakukan pada pertengahan bulan Oktober lalu," katanya, saat ditemui wartawan di Balai kota Among tani Kota Batu, Rabu (8/11/2023).

Eko menjelaskan, konsep festival dalang muda nanti berupa pakeliran padat. Pakeliran padat adalah konsep dari ISI Surakarta. Yaitu pakeliran yang tidak semalam tapi dikonsep lebih ringkas. Menurutnya , pakeliran padat berlangsung tidak lebih dari satu jam.

"Namanya pakeliran padat sekitar satu jaman yang akan ditampilkan di Gedung Cak Durasim Surabaya. Untuk Kota Batu kebagian tampil nanti malam sekitar jam 7," jelasnya.

Dalam penampilan 10 besar nanti, urai Eko, para dalang akan memperebutkan tiga kategori. Yaitu, predikat dalang catur terbaik, dalang sabet terbaik dan dalang favorit.

"Yang unik dari 10 itu, yang dari kota cuma Batu, lainnya dari Kabupaten semua. Selain itu, kami telah melakukan latihan intensif di sanggar krido Mangun Laras. Tempat lahir nya Lutfi menjadi seniman," jelas Eko.

Menurut Eko, kriteria dalang muda itu batasan umur dari 18 sampai 30 tahun. Diantara umur itu, Kota Batu hanya memiliki satu dalang yaitu Lutfi. Sebagai seorang Dalang, Eko mengamati, dari unsur sabet catur dan karawitan Lutfi memiliki tiga tiganya.

"Dia sempat masuk 10 terbaik festival dalang remaja Jawa Timur tahun 2017. Waktu masih SMA kelas 2," ulasnya.

 

 

 

Tombol Google News

Tags:

Dalang muda Festival Dalang Muda Jawa Timur Kota Batu