Cuaca Ekstrem di Situbondo, Pohon-pohon Tumbang dan Perahu Nelayan Tenggelam

Jurnalis: Abdul Hakim
Editor: Gumilang

10 Maret 2024 12:00 10 Mar 2024 12:00

Thumbnail Cuaca Ekstrem di Situbondo, Pohon-pohon Tumbang dan Perahu Nelayan Tenggelam Watermark Ketik
Kondisi rumah warga tertimpa pohon tumbang dan tiang listrik roboh di Dusun Alaspinang, Desa Sumber Pinang, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo. (Foto Abdul Hakim/Ketik)

KETIK, SITUBONDO – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang terjadi merata di Kabupaten Situbondo, pada Sabtu, (9/3/2024). Kondisi alam tersebut, membuat banyak pohon tumbang, hingga perahu nelayan tenggelam.

Pantauan ketik.co.id di wilayah Situbondo, intensitas hujan tinggi disertai angin kencang yang terjadi kemarin pagi hingga malam di wilayah Kabupaten Situbondo telah mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan tiang listrik roboh.

Sedangkan di lautan, gelombang tinggi mengakibatkan sejumlah perahu yang bersandar di bibir pantai terbalik dan tenggelam setelah dihantam ombak. 

Sesuai data dan informasi sementara yang diterima BPBD Kabupaten Situbondo pada tanggal 9-10 Maret 2024, setidaknya ada belasan pohon tumbang terjadi di sejumlah titik lokasi. 

Pohon yang tumbang tersebut selain melintang ke jalan desa/kelurahan dan jalan Pantura, juga menimpa sejumlah rumah warga hingga mengalami kerusakan. 

Berikut sejumlah lokasi pohon tumbang melintang ke Jalan Desa/Kelurahan dan Jalan Pantura di Kabupaten Situbondo: 

1. Jalan Desa di Dusun Bataan Desa Kilensari Kecamatan Panarukan

2. Jalan Pantura di Desa Mlandingan Wetan Kecamatan Bungatan. 

3. Jalan Pantura di Desa Kalianget Kecamatan Banyuglugur. 

4. Jalan Desa di Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan. 

5. Jalan Kelurahan di Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji. 

6. Jalan Desa di Dusun Gumuk Utara Desa Gelung Kecamatan Panarukan

7. Jalan Diponegoro Kelurahan Dawuhan Kecamatan Situbondo.

8. Jalan Madura Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji 

 9. Jalan Desa di Dusun Trebungan Barat Desa Trebungan Kecamatan Mlandingan.

Adapun pohon tumbang di beberapa titik lainnya, menimpa rumah warga. Berikut rumah warga yang tertimpa pohon:

1. Rumah milik Ahmad Busairi (47) dan Asnawi (67) di Dusun Rambutan Desa Kesambirampak Kecamatan Kapongan. 

2. Rumah Abdul Gofur (42) di Dusun Krajan Desa Tamansari Kecamatan Sumbermalang. 

3. Tembok rumah milik seorang warga di Dusun Rawan Jalan Gunung Ringgit Desa Besuki Kecamatan Besuki. 

4. Rumah milik Suwono (53) di Desa Paowan Kecamatan Panarukan 

5. Rumah Suryadi (47) di Dusun Alaspinang Desa Sumber Pinang Kecamatan Mlandingan. 

6. Rumah Suryati (72) di Dusun Krajan Desa Mlandingan Kulon Kecamatan Mlandingan.

Puriyono Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo mengatakan, dalam kejadian pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Dusun Alaspinang Desa Sumber Pinang Kecamatan Mlandingan, juga ikut roboh sebuah tiang listrik.

"Tidak ada korban luka dan jiwa dalam musibah pohon tumbang yang menimpa rumah warga di desa ini," kata Puriyono saat meninjau rumah warga tertimpa pohon di Dusun Alaspinang Desa Sumber Pinang, Kecamatan Mlandingan, Minggu (10/03/2024) 

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo yang akrab dipanggil Mas Ipung ini mengatakan, dari sejumlah pohon tumbang melintang ke jalan dan menimpa rumah warga telah tertangani semua. 

"Proses evakuasi pohon yang tumbang itu telah ditangani baik secara langsung oleh pihak kami bersama instansi terkait lainnya dengan dibantu masyarakat, dan juga telah ditangani langsung oleh masyarakat setempat secara gotong royong. Tidak ada korban luka dan jiwa dalam kejadian bencana berupa pohon tumbang tersebut," ungkapnya. 

Kemudian informasi yang diterima ketik.co.id dari BPBD Situbondo, bahwa telah terjadi peristiwa perahu terbalik dan tenggelam saat bersandar akibat dihantam ombak.  

Berikut sejumlah perahu terbalik dan tenggelam akibat dihantam ombak : 

1. Tiga perahu terbalik di perairan bibir pantai Desa Pesisir Kecamatan Besuki. 

2. Satu perahu terbalik di perairan bibir pantai Desa Kilensari Kecamatan Panarukan. 

3. Satu perahu terbalik di perairan bibir pantai Desa Agel Kecamatan Jangkar

"Tidak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian perahu terbalik akibat diterjang ombak saat bersandar tersebut," ungkap Puriyono.

Selain itu, peristiwa perahu yang digunakan tiga nelayan terbalik lalu karam akibat diterjang ombak terjadi di perairan Kalbut Situbondo.

"Dalam insiden tersebut, Polairud Polres Situbondo bersama instansi terkait lainnya dengan dibantu warga nelayan telah melakukan evakuasi terhadap korban, alhamdulilah kondisi tiga korban itu selamat," bebernya.

Peristiwa lainnya yakni nelyan mengalami lost contact dan mesin perahunya mati saat melaut di perairan Pandean Jangkar menuju perairan Lempuyang Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo.

"Alhamdulilah nelayan yang mengalami lost contact dan mesin perahu mati lalu terdampar di perairan Lempuyang, berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan dibantu warga dan kondisinya selamat," beber Ipung. 

Fenomena alam berupa hujan serta angin kencang terjadi di wilayah Kabupaten Situbondo, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Situbondo Sruwi Hartanto mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaannya dan mengutamakan keselamatan. 

“Kepada masyarakat, kami minta untuk berhati-hati, utamanya saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Hindari aktivitas di luar dan pohon-pohon yang rawan tumbang, serta hindari berteduh di bawah pohon. Jangan sampai pohon tempat kita berteduh itu akhirnya patah atau tumbang dan menimpa kita sendiri, dan hindari melaut saat cuaca ektrem serta hati-hati saat berada di daerah rawan longsor,” pesannya. 

Lebih jauh Sruwi mengatakan dalam upaya untuk melakukan evakuasi pohon tumbang di sejumlah daerah akibat cuaca ekstrem, pihaknya terkendala karena faktor jarak tempuh dan lainnya. 

Untuk itu ia berharap kepada pihak pemerintah desa yang belum memiliki senso (alat pemotong kayu) agar segera memiliki dengan menganggarkan lewat DD.

"Sehingga jika terjadi pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang bisa segera tertangani," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

cuaca ekstrem situbondo Pohon-pohon Tumbang dan Perahu Nelayan Tenggelam  BPBD Situbondo Tagana