Ciptakan Aplikasi SEGAR untuk Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental, Anggota Pramuka SMAN 3 Sidoarjo Menuai Apresiasi

Jurnalis: Yudha Fury
Editor: Fathur Roziq

19 September 2023 22:46 19 Sep 2023 22:46

Thumbnail Ciptakan Aplikasi SEGAR untuk Tingkatkan Kesehatan Fisik dan Mental, Anggota Pramuka SMAN 3 Sidoarjo Menuai Apresiasi Watermark Ketik
Anggota Pramuka Gugus Depan (Gudep) 01.167-01.168 pangkalan SMAN 3 Sidoarjo menunjukkan aplikasi SEGAR saat perkenalan. (Foto: Pramuka Gudep SMAN 3 Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Kemajuan teknologi era 4.0 saat ini mendorong lahirnya beragam inovasi yang memudahkan masyarakat. Anggota Pramuka Gugus Depan (Gudep) 01.167-01.168 pangkalan SMAN 3 Sidoarjo, misalnya, menciptakan aplikasi untuk mendukung peningkatan kesehatan fisik maupun mental.

Aplikasi yang bisa dijalankan di sistem Android 6.0 ke atas ini diberi nama ”SEGAR Healthy Mobile App”. Melalui aplikasi ini, sang inovator aplikasi Muhammad Dafi Aritama dan Zivenadam Raya Aditya mencoba untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental penggunanya.

”Dengan aplikasi ini, kami hadirkan fitur-fitur yang sudah lengkap. Bahkan juga sudah kami sediakan fitur pelacak aktivitas,” terang Dafi pada Senin (18/9/2023).

Aplikasi SEGAR telah diperkenalkan dan disosialisasikan kepada warga SMAN 3 Sidoarjo. Pengembangannya bakal terus dilakukan agar semakin sempurna.

Dafi yang juga pengurus Dewan Ambalan Tjokronegoro ini, secara singkat menjelaskan, fitur dan konten yang ada dalam aplikasi SEGAR diciptakan khususnya untuk memberikan dukungan secara holistik kepada penggunanya.

Mulai latihan untuk meningkatkan kesehatan fisik, manajemen stres, konsultasi kesehatan mental, mentoring dari ahli atau dari kalangan profesional, hingga rekomendasi makanan yang bergizi dan sehat. Dafi juga menyematkan fitur pelacak kemajuan pengguna dan jadwal latihan yang fleksibel.

”Aplikasi kesehatan ini dapat didefinisikan sebagai platform yang berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan holistik masyarakat Indonesia. Juga, membangun pola hidup yang sehat bagi pengguna. Begitu juga dengan anggota pramuka,” tambah Zivenadam, salah satu founder aplikasi ”SEGAR”.

Kerja sama yang dilakukan oleh SEGAR dan anggota Pramuka SMAN 3 Sidoarjo diharapkan mampu mendorong langkah-langkah positif. Terutama, tentang pentingnya menjaga maupun meningkatkan kesehatan. Baik fisik maupun mental. Jika sudah sehat, mereka bisa menularkan upayanya kepada masyarakat sekitar.

Inovasi Dafi dan Zivenadam pun mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Salah satunya, pimpinan SMAN 3 Sidoarjo. Manfaat aplikasi SEGAR bisa dirasakan dengan mudah oleh penggunanya.

”Kami sangat bangga dengan siswa-siswa kami yang berkomitmen untuk mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan di kalangan rekan-rekan mereka. Aplikasi SEGAR adalah langkah positif dalam perjalanan ini,” ujar Kak Dr Ristiwi Peni, M.Pd, kepala sekolah sekaligus Kamabigus SMAN 3 Sidoarjo.

Ke depan, seiring semakin dikenalnya aplikasi SEGAR, penggunanya akan semakin banyak. Sehingga, tujuan diciptakannya aplikasi ini, yaitu kesehatan fisik dan mental masyarakat, dapat dicapai. Dafi dan Zivenadam bertekad untuk terus mengembangkan dan menyempurnakan aplikasi SEGAR. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pramuka Sidoarjo SMAN 3 Sidoarjo Pendidikan Dispendik Jatim Kwarnas Pramuka Kwarcab Pramuka Sidoarjo Kwarda Pramuka Jatim