Cetak Kader Mujahid, PMII Gajayana Malang Laksanakan PKD

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

5 Juni 2024 06:10 5 Jun 2024 06:10

Thumbnail Cetak Kader Mujahid, PMII Gajayana Malang Laksanakan PKD Watermark Ketik
Peserta PKD PMII Gajayana. (Foto: PMII Gajayana untuk Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Komisariat PMII Gajayana berkeinginan untuk mencekat kader-kader mujahid. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, dilaksanakan kaderisasi formal Pelatihan Kader Dasar (PKD) ke-XXV pada 31 Mei - 2 Juni 2024 di Kota Batu.

Selaras dengan komitmen awal, para pengurus pun mengangkat tema "Menciptakan Generasi yang Berkualitas, Loyalitas dan Bermoralitas." Para peserta mendapatkan berbagai ilmu yang diharapkan mampu membentuk dirinya sebagai kader yang berkualitas, berdaya saing, dan loyal terhadap organisasi.

"Kami semua sepakat, bahwa tema ini menjadi tolak ukur keberhasilan dari PKD kali ini, serta menjadi harapan bagi pengurus untuk menumbuhkan rasa bagi kader dalam menjalankan prosesnya di PMII,” ujar Firda selaku Ketua Komisariat PMII Gajayana.

Kegiatan PKD tersebut diikuti oleh 18 peserta yang berasal dari berbagai komisariat. Selama tiga hari kegiatan, peserta mendapatkan materi mengenai paradigma PMII, aswaja sebagai haluan organisasi, analisa wacana dan media, analisa sosisal, rekaya sosial, manajemen aksi, strategi dan taktik gerakan, dan strategi pengembangan PMII.

Untuk memastikan terserapnya ilmu-ilmu tersebut, juga dilengkapi dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk mengolah pengetahuan masing-masing peserta.

"Kami juga menyiapkan rangkaian acara yang fresh dan seru yakni inagurasi. Peserta sesuai dengan kelompoknya, dibebaskan untuk menampilkan apapun di inagurasi tersebut," lanjut Firda.

Konsep PKD PMII Gajayana digadang memiliki perbedaan dibanding tahun sebelumnya. Pengurus menilai relevansi dan tingkat efiesiensi antara materi dan rangkaian acaranya.

"Meski begitu, tujuan dari tema yang diangkat dalam PKD tidak hilang. Kami memiliki output untuk menumbuhkan kader mujahid yang berkualitas," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

PMII Komisariat Gajayana PMII Gajayana PKD PMII