Catat, 5 Makanan Ini Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

26 September 2023 08:30 26 Sep 2023 08:30

Thumbnail Catat, 5 Makanan Ini Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Watermark Ketik
Ilustrasi kolesterol (Foto: Puskesmas Kuta Selatan)

KETIK, JAKARTA – Kolesterol merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin dan hormon. Kolesterol juga bisa membantu tubuh membangun sel-sel baru.

Akan tetapi, dalam kadar yang berlebih, kolesterol bisa berbahaya bagi kesehatan. Bahkan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti jantung dan stroke.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Makanan yang dimaksud juga mudah ditemui.

Berikut 5 makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol:

Gandum

Gandum dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mengonsumsinya secara rutin, terutama sebagai sarapan. Gandum mengandung serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat.

Kacang

Sama seperti gandum, kacang juga kaya akan serat larut sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Makanan ini juga cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan karena memberikan rasa kenyang lebih lama.

Terong

Terong merupakan jenis sayur yang baik untuk menurunkan kolesterol. Makanan ini juga memiliki kandungan serat larut yang melimpah.

Kedelai

Kedelai dengan berbagai produk olahannya seperti tahu dan susu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Makanan ini sangat efektif menurunkan LDL hingga 6 persen dengan mengonsumsinya 25 gram.

Buah-buahan

Beberapa jenis buah-buahan seperti juga bisa bermanfaat untuk mengobati kolesterol. Seperti apel, anggur, jeruk dan stroberi yang kaya akan lektin dan mampu menurunkan kadar LDL.(*)

Tombol Google News

Tags:

kolesterol gandum buah kacang