Cari Pemimpin Baru, Hipmi BPD Jatim Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Gumilang

7 Agustus 2024 12:30 7 Agt 2024 12:30

Thumbnail Cari Pemimpin Baru, Hipmi BPD Jatim Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum Watermark Ketik
BPD HIPMI Jatim ketika menggelar konferensi pers pendaftaran pemilihan Ketua Umum. (Foto : Instagram BPD HIPMI Jatim)

KETIK, SURABAYA – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) BPD Jawa Timur telah membuka pendaftaran untuk pemilihan ketua umum periode 2024-2027. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 1 hingga 14 Agustus 2024.

Agitya Kusuma selaku Humas Hipmi PBF Jawa Timur mengatakan untuk tahapan pengambilan dan pengembalian formulir saat ini telah dibuka hingga tanggal 14 Agustus 2024 pukul 23:59 WIB. Setelah itu nanti akan dilanjutkan ke tahap verifikasi berkas dan data pada 15 hingga 18 Agustus 2024.

"Nanti setelah itu ada masa perbaikan jika ada berkas yang kurang. Masa perbaikan ini berlangsung dari tanggal 19 hingga 20 Agustus, " jelas Agitya kepada Ketik.co.id, Rabu (7/8/2024).

Setelah masa perbaikan berkas selesai, maka bakal calon ketua umum yang lolos verifikasi akan diumumkan pada 22 Agustus. Pada saat itu juga setelah ditetapkan bakal calon ketua umum Hipmi BPD Jatim akan melalukan presentasi di hadapan komite pembekalan.

"Nanti setelah presentasi mereka kami beri waktu untuk kampanye. Masa kampanye berlangsung dari tanggal 23 hingga 25 September 2024," ungkapnya.

Setelah masa kampanye selesai, akan dilakukan pemilihan pada 26 September bertempatan dengan Musyawaran Daerah (Musda) XV . Para calon ketua umum akan dipilih oleh para BPC yang ada di 38 kabupaten dan kota se Jawa Timur.

"Insya Allah Musdanya akan kita lakukan di Surabaya. Nanti yang berhak memilih itu para ketua BPC kabupaten kota yang ada di Jawa Timur," paparnya.

Selain itu terkait dengan pemilihan ketua ini tiap anggota hanya boleh menjabat satu periode. Sehingga yang sebelumnya pernah terpilih menjadi ketua umum, tidak bisa mencalonkan diri lagi. Kebijakan ini dibuat agar para anggota lain juga memiliki kesempatan yang sama.

"Jadi di Hipmi ini ketua umum hanya boleh menjabat 1 periode. Hal ini agar anak muda yang lain bisa punya kesempatan juga," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

HIPMI BPD Jatim Pemilihan calon ketua umum Musda