Cara Mengolah Stres Agar Perasaan Jadi Lebih Baik

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 Desember 2023 01:00 2 Des 2023 01:00

Thumbnail Cara Mengolah Stres Agar Perasaan Jadi Lebih Baik Watermark Ketik
Ilustrasi stres.(Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Stres merupakan kondisi psikologis yang pernah dialami semua orang. Stres bisa dipicu oleh banyak hal. Seperti pekerjaan, percintaan, keluarga, pertemanan dan masih banyak lagi.

Saat mengalami stres kita merasa tertekan dan tidak tenang. Disadari atau tidak, akan ada hari di mana kamu merasa stres, jenuh dan tidak bahagia dibandingkan hari-hari lainnya. 

Jika stres terus menerus dirasakan, ini bisa bermasalah untuk kesehatan mentalmu ke depannya. Ini bisa meningkatkan risiko depresi dan masalah kesehatan lain yang lebih berbahaya. Lantas, bagaimana untuk mengatasi stres ini? Bagaimana agar kita tetap tenang dan bahagia meski stres melanda? 

1. Peduli pada diri sendiri

Agar dapat merasa lebih tenang saat stres melanda, hal pertama dilakukan adalah peduli pada diri sendiri. Kamu dapat lebih perhatian pada dirimu seperti pergi berlibur, berbelanja atau melakukan hal yang kamu suka.

2. Menyibukkan diri dengan aktivitas menyenangkan

tetap sibukkan diri dengan aktivitas yang menyenangkan. Lakukan aktivitas yang menjadi hobimu. Luangkan waktumu sejenak sekitar 15 menit untuk meredakan stres.

3. Berpikir positif dan berusaha tenang

Berusahalah untuk selalu berpikir positif, dengan begitu perasaan kita akan lebih tenang. Kamu bisa berusaha tenang dengan jalan-jalan di sekitar kompleks atau taman yang memiliki udara segar hingga banyak tanaman di dalamnya.

4. Rencanakan hidupmu lebih baik lagi

Lakukan perencanaan ulang untuk masa depanmu dengan lebih baik lagi. Kelelahan dan stres yang kamu rasakan bisa saja terjadi karena perencaaanmu sebelumnya kurang baik. Rencana yang baik kemungkinan besar akan membawamu pada kenyataan yang baik pula di masa depan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Psikologi mengolah stres perasaan Emosi pengendalian diri kesehatan mental