Cara Membiasakan Anak Merawat Gigi untuk Hindari Plak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

13 Juni 2024 23:26 13 Jun 2024 23:26

Thumbnail Cara Membiasakan Anak Merawat Gigi untuk Hindari Plak Watermark Ketik
Ilustrasi mengajarkan anak merawat gigi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Menjaga kesehatan mulut merupakan hal yang penting. Sama dengan organ tubuh lainnya dengan mulut yang sehat dapat menghindarkan diri dari beragam penyakit.

Permasalahan yang timbul akibat tidak menjaga kesehatan mulut antara lain munculnya plak dan bau mulut. Hal ini tentu cukup mengganggu apalagi jika kita berada di depan banyak orang.

Selain itu dengan menyikat gigi secara teratur dan menggunakan dental floss serta pembersihan mulut secara teratur, plak dapat dihilangkan.

Termasuk pada anak-anak, tidak ada salahnya membiasakan merawat kesehatan gigi dan mulut sejak usia dini. Dengan membiasakan anak-anak menyikat gigi dapat mencegah penyakit mulut sejak dini seperti plak. Dilansir dari Kids Smiles Dental, berikut hal yang bisa dilakukan untuk mencegah plak pada gigi anak.

1. Membiasakan sejak kecil

Seperti yang sempat disingung sebelumnya jika cara terbaik mencegah plak gigi pada anak adalah dengan membiasakan merawat gigi sejak kecil. Anak-anak dapat menggunakan sikat gigi yang lembut agar tidak melukai gusinya.

2. Menggunakan pasta gigi yang pas

Cara selanjutnya yakni tentu saja dengan pemilihan pasta gigi yang cocok bagi anak. Anak-anak tidak bisa menggunakan pasta gigi orang dewasa. Pilihlah pasta gigi anak-anak dengan formula yang lembut agar bisa digunakan dengan nyaman.

3. Mengajarkan menyikat gigi dengan tepat

Ajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar agar seluruh bagian gigi bersih. Hal ini penting agar seluruh bagian gigi bisa dibersihkan. Gunakan sedikit saja pasta gigi dan pastikan anak-anak menyikat gigi setidaknya selama dua menit.

4. Kurangi konsumsi makanan manis

Mengurangi konsumsi cemilan manis atau minuman manis akan sangat membantu mengurangi penumpukan plak pada gigi. Biasakan anak untuk mengonsumsi air mineral untuk minuman sehari-hari dan simpan minuman ditempat tersembunyi.(*)

Tombol Google News

Tags:

parenting orang tua Merawat gigi plak gigi Anak anak kesehatan gigi dan mulut