Bupati Kaimana Freddy Thie Beri Dukungan Kuat Upaya Penanggulangan Penyakit Kaki Gajah

Jurnalis: La Jen
Editor: M. Rifat

19 Oktober 2023 01:03 19 Okt 2023 01:03

Thumbnail Bupati Kaimana Freddy Thie Beri Dukungan Kuat Upaya Penanggulangan Penyakit Kaki Gajah Watermark Ketik
Bupati Kaimana Freddy Thie mengunjungi kampung Lakahia bersama dinas kesehatan untuk mengatasi penyakit kaki gajah, (18/10/2023).(Foto: Humas Pemkab Kaimana)

KETIK, KAIMANA – Bupati Kabupaten Kaimana Freddy Thie baru-baru ini mengunjungi tim survei dan pemeriksaan penyakit filariasis limfatik (LF), yang lebih dikenal sebagai penyakit kaki gajah, di Lakahia, Kaimana (18/10/2023).

Tim ini merupakan kerja sama antara Kementerian Kesehatan RI, Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana.

Selama kunjungan Bupati Freddy Thie menyampaikan penghargaan atas kolaborasi yang kuat dari tingkat pusat hingga daerah dalam upaya menanggulangi penyakit ini. Ia menegaskan komitmen Pemerintah Daerah Kaimana untuk mengambil tindakan serius dalam penanganan penyakit ini melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana.

"Semangat kita dimulai dari dinas sampai ke tingkatan pustu, dengan adanya pendampingan ini dari waktu ke waktu berjalan ke depan baik yang sudah positif maupun yang baru terdeteksi penyakit ini, kita harus tindak dengan serius," ucap Freddy.

Penyakit Kaki Gajah (LF) di Indonesia dinyatakan sebagai salah satu yang tertinggi di dunia, dengan satu dari tiga orang di Indonesia berisiko mengalami penyakit ini. Oleh karena itu, Bupati Freddy Thie berjanji untuk mendukung dan melaksanakan berbagai langkah preventif. Ia berharap ketika gejala klinis penyakit Kaki Gajah ditemukan, tindakan pengobatan dapat segera dilakukan.

"Pemda sangat mendukung untuk terus meningkatkan akses pencegahan dan pengobatan secara serius, baik ketika sudah muncul gejala klinisnya maupun ketika sudah mencapai tahap kronis," tandas Bupati Freddy Thie.

Upaya bersama ini mencerminkan komitmen kuat Pemerintah Daerah Kaimana untuk mengatasi penyakit Kaki Gajah dan melindungi kesehatan masyarakat setempat.(*)

Tombol Google News

Tags:

freddy thie Dinas Kesehatan Kaki gajah Kampung Lakahia Pemkab Kaimana