Bupati Bassam Hadiri HUT ke-67 Kodam XV/Patimura

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: Mustopa

28 Mei 2024 10:59 28 Mei 2024 10:59

Thumbnail Bupati Bassam Hadiri HUT ke-67 Kodam XV/Patimura Watermark Ketik
Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba beserta istri dan Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial dan istri (Foto Alif Budiman For Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Bupati Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba didampingi Istri Rifa’at Al-Sa’adah yang juga sebagai Ketua TP-PKK Halmahera Selatan menghadiri syukuran Hari Ulang Tahun ke-67 Kodam XV/Pattimura di Baileo Slamet Riyadi Makorem 151/Binaiya, Ambon, Senin (27/05/2024).

Dalam sambutannya, Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial menyampaikan bahwa acara ini merupakan wujud ungkapan rasa syukur atas bertambahnya usia Kodam XV/Pattimura, sekaligus mengenang para pendahulu perintis Kodam XV/Pattimura disertai dengan tekad untuk terus melanjutkan cita-cita perjuangan mereka.

Pangdam berharap peringatan hari ulang tahun ini dapat dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja dengan melakukan introspeksi dan evaluasi atas apa yang telah dilakukan sejauh ini.

"Dalam kurun waktu 67 Tahun ini, Kodam XV/Pattimura telah banyak menorehkan prestasi dan karya-karya terbaik dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Keberhasilan tersebut tentu tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dengan semua komponen bangsa di wilayah Maluku dan Maluku Utara," ungkap Mayjen TNI Syafrial.

Tak lupa, Pangdam turut mengucapkan terima kasih kepada unsur TNI/Polri, pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan segenap masyarakat Maluku dan Maluku Utara atas kerjasama dan dukungan yang selama ini telah diberikan kepada Kodam XV/Pattimura.

Dalam kesempatan yang sama, Pangdam juga menjelaskan bahwa momenklatur Kodam Pattimura kini telah berganti dari sebelumnya bernama Kodam XVI/Pattimura menjadi Kodam XV/Pattimura. Kemudian peringatan HUT yang semula tanggal 15 Mei (1999) berubah menjadi tanggal 27 Mei (1957).

“Hal ini diputuskan berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor KEP/155/II/2024, tanggal 28 Februari 2024 tentang perubahan nama satuan dan hari jadi Kodam XV/Pattimura” jelasnya.

Acara syukuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam XV/Pattimura beserta istri, didampingi Kasdam XV/Pattimura beserta istri yang kemudian potongan tumpeng tersebut diberikan kepada prajurit berprestasi. Selanjutnya acara diisi dengan kegiatan hiburan dan ramah tamah.

Usai acara ramah tamah, Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba memberikan cinderamata berupa cincin batu Bacan kepada Pangdam XV/Pattimura. Ibu Rifa’at Al-Sa’adah juga memberikan cinderamata kepada Ketua Persit KCK Daerah XV/Pattimura didampingi Dandim 1509 Labuha beserta Istri.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Maluku dan Maluku Utara, para pimpinan instansi, lembaga pemerintah dan swasta, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan bank, tokoh-tokoh adat, tokoh masyarakat dan para tokoh agama.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bupati Halsel Bassam Kasuba HUT Kodam Patimura