Bupati Bandung Motivasi 5.235 Peserta Calon PPPK

Jurnalis: Sungkara Anwar
Editor: Akhmad Sugriwa

19 November 2023 09:15 19 Nov 2023 09:15

Thumbnail Bupati Bandung Motivasi 5.235 Peserta Calon PPPK Watermark Ketik
Bupati Bandung Dadang Supriatna saat monitoring Seleksi Kompetensi PPPK, di Pusdikpom Kota Cimahi, Minggu (19/11/23). (Foto:Diskominfo)

KETIK, BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna memberikan motivasi kepada ribuan peserta seleksi kompetensi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), saat monitoring Seleksi Kompetensi PPPK Formasi tahun 2023, di Pusdikpom Kota Cimahi, Minggu (19/11/2023).

Tercatat dari jumlah peserta yang dapat mengikuti seleksi administrasi sebanyak 5.370, sebanyak 5.235 orang memilih titik lokasi seleksi di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Cimahi.

Sementara Pemkab Bandung pada tahun 2023 ini memperoleh alokasi formasi kebutuhan untuk pengadaan ASN sebanyak 2.009 formasi. Rinciannya, formasi guru sebanyak 1.500 orang, formasi tenaga kesehatan sebanyak 365 orang dan formasi tenaga teknis sebanyak 144 orang.

Bupati Bandung juga berpesan kepada peserta untuk berdoa dan mengerjakan tes kompetensi ini dengan sebaik-baiknya.

"Jangan sampai disia-siakan kesempatan ini, manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kalau kalian sukses dalam tes hari ini, insya Allah masa depan teman-teman bisa lebih cerah," pesan bupati.

Apalagi dari 5.370 orang yang memenuhi syarat administrasi untuk mengikuti seleksi kompetensi melalui CAT BKN ini, hanya sekitar 40 persennya atau 2.009 orang yang akan diterima sebagai PPPK Pemkab Bandung.

"Ini keputusannya nanti merupakan murni keputusan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), bukan keputusan Bupati," kata Dadang Supriatna.

Bupati yang akrab disapa Kang DS ini juga memberikan motivasi jika peserta lulus sebagai PPPK, berdasarkan Undang-undang No.23/2003 tentang Aparatur Sipil Negara, mereka akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi kepala dinas bahkan sampai ke jabatan sekretaris daerah.

"Dalam Undang-undang ASN sekarang, tidak menutup kemungkinan PPPK menduduki jabatan struktural. Tergantung dari kompetensinya. Yang tadinya PPPK itu tiak mendapatkan pensiun, sekarang sudah bisa mendapatkan dana pensiun. Karena itu selamat mengikuti tes kompetensi ini,mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan lulus untuk siap-siap dilantik menjadi ASN yang berkualitas," ucap Kang DS.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Akhmad Djohara menambahkan, pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK untuk 5.235 orang peserta di Pusdikpom Cimahi ini dilaksanakan mulai tanggal 16 sampai dengan 23 November 2023, yang terbagi dalam 23 sesi, dengan jumlah peserta sebanyak 230 orang per sesi.

"Semoga dengan formasi tahun 2023 sebanyak 2.009 ini nantinya akan dapat memperkuat kinerja Pemkab Bandung untuk mewujudkan Kabupaten Bandung Bedas (Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera)," harap Akhmad Djohara.

Adjo mengatakan, proses seleksi PPPL ini dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN, sehingga berjalan secara transparan dan akuntabel, dan terhindar dari praktek-praktek yang tidak baik.

"Peserta seleksi secara ketat diuji kompetensinya by system, sehingga apapun hasilnya nanti merupakan nilai yang diperoleh secara murni dari kemampuan masing-masing," tandas Adjo.(*)

Tombol Google News

Tags:

BUPATI BANDUNG DADANG SUPRIATNA PPPK ASN