Budayawan Kirun Jadi Co Kapten TPD Jatim Pasangan Amin, Berharap Budaya Jadi Pemersatu Bangsa

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

23 November 2023 12:53 23 Nov 2023 12:53

Thumbnail Budayawan Kirun Jadi Co Kapten TPD Jatim Pasangan Amin, Berharap Budaya Jadi Pemersatu Bangsa Watermark Ketik
Sosok budayawan Kirun di TPD Jatim Amin (23/11/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Ada hal unik di pengumuman Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jatim pasangan Anies-Muhaimin (Amin) yang digelar di Hotel Majapahit Surabaya, Kamis (23/11/2023).

Terdapat sosok Muhammad Syakirun atau yang akrab disapa Kirun yang menjabat sebagai Co Kapten Utama di TPD Jatim pasangan Amin. Kirun sendiri dikenal sebagai sosok seniman pelawak dan budayawan asap Jawa Timur.

Kapten TPD Jatim, Thoriq mengatakan pemilihan Kirun sebagai wakilnya dalam mengawal pasangan Anies-Muhaimin merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh timnya. Sebagai negara yang kaya akan budaya akan memberi warna dan pengaruh yang cukup besar dalam memenangkan pilpres 2024.

"Ya negara harus berpihak kepada budaya salah satunya abah Kirun ini," jelasnya Thoriq di Hotel Majapahit, Kamis (23/11/2023).

Sementara kepada awak media Kirun menegaskan sudah waktunya budaya menjadi bagian dalam hiruk pikuk perjalanan bangsa Indonesia. Budaya merupakan sarana pembersih dan pemersatu bangsa di tengah panasnya suasana perpolitikan Indonesia saat ini.

"Sudah saatnya budaya menjadi pemersatu. Jadi kalau ada ruwetnya politik, yang bisa meredakan adalah budaya," tegas Kirun.

Lebih lanjut Kirun menambahkan pemilihan sosok budaya tak lepas dari peran Cawapres Muhaimin Iskandar yang pernah dinobatkan sebagai Panglima Budaya. Hal inilah yang menjadi cerminan kepedulian Amin dalam memajukan budaya yang ada di Indonesia khususnya Jawa Timur.

"Untuk itu budaya khususnya Jawa Timur tetap berkembang dan maju," tambahnya.

Budaya tidak hanya sekadar seni pertunjukkan, tetapi budaya juga mengacu kepada kearifan masyarakat Jawa Timur yang berpolitik dengan tata krama dan riang gembira. Tidak perlu bermusuhan, karena Pemilu merupakan pesta demokrasi yang harusnya dirayakan dengan kedamaian dan suka cita.(*)

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 pilpres2024 TPD Jatim amin politik