BPS: Inflasi Lebaran 2023 Lebih Rendah Dibanding Tahun Lalu

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

3 Mei 2023 02:23 3 Mei 2023 02:23

Thumbnail BPS: Inflasi Lebaran 2023 Lebih Rendah Dibanding Tahun Lalu Watermark Ketik
Kepala BPS Margo Yuwono. (Foto: Dok BPS)

KETIK, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) menilai pemerintah melakukan langkah antisipasi yang baik sehingga inflasi pada Lebaran tahun ini terkendali. Bahkan lebih rendah dibandingkan inflasi pada Lebaran tahun 2022.

Hal tersebut tercermin dari laju inflasi bulan April 2023 yang tercatat sebesar 0,33 persen. Angka inflasi tersebut secara bulanan memang mengalami kenaikan dibandingkan inflasi bulan Maret yang sebesar 0,18 persen.

“Karena periode Ramadan dan Lebaran memang mempengaruhi permintaan barang dan jasa dan harga pada tingkat konsumen. Tapi inflasi pada Lebaran tahun 2023 ini sebesar 0,33 persen lebih rendah dibandingkan inflasi pada Lebaran tahun 2022,” kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam keterangan resmi, Selasa (2/5/2023).

Dari data BPS, inflasi pada periode Ramadan-Lebaran tahun 2022 tercatat sebesar 0,40 persen. Menurut Margo, ada sejumlah faktor yang menyebabkan inflasi pada Lebaran 2023 lebih rendah.

“Pada periode Ramadan dan Lebaran tahun ini, pasokan komoditas produk holtikultura relatif terjaga. Cabai merah dan cabai rawit mengalami deflasi sehingga meredam tingkat inflasi umum,” ujar Margo.

Selain itu, pada Maret-April merupakan masa musim panen dan andil inflasi beberapa komoditas pangan juga relatif rendah. Hal ini tidak terjadi pada periode Ramadan-Lebaran tahun 2022 sehingga inflasinya ketika itu lebih tinggi.

Laporan BPS hari ini juga menunjukkan inflasi regional di kota-kota destinasi mudik juga lebih rendah pada Lebaran tahun ini, dibandingkan Lebaran tahun 2022.  Kota tujuan arus mudik dan balik yang paling ramai, tersebar di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan sebagian Sumatera.

“Hampir semua kota di provinsi-provinsi yang menjadi destinasi utama mudik, inflasinya lebih rendah dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya. Semarang misalnya,  inflasi di bulan April  sebesar 0,27 persen, padahal pada Lebaran 2022  inflasi di Kota Semarang mencapai 0,53 persen,” kata Margo.

Komoditas utama penyebab inflasi di sebagian besar kota tujuan mudik adalah tarif angkutan dan beberapa komoditas makanan. Itulah sebabnya, pada bulan April 2023, penyumbang utama inflasi adalah sektor transportasi dengan andil sebesar 0,84 persen. (*)

Tombol Google News

Tags:

BPS Inflasi lebaran