BPN Sumsel Luncurkan Kantor Penerbitan Dokumen Elektronik 2024 Terlengkap dan Terbanyak di Indonesia

Editor: Bubun Kurniadi

6 Juni 2024 12:50 6 Jun 2024 12:50

Thumbnail BPN Sumsel Luncurkan Kantor Penerbitan Dokumen Elektronik 2024 Terlengkap dan Terbanyak di Indonesia Watermark Ketik
Pejabat Gubernur Sumatera Selatan Dr Agus Fatoni, M.Si didampingi Kakanwil BPN Provinsi Sumatera Selatan Asnawati, S.H., M.Si, foto bersama usai melaunching Implementasi Layanan Elektronik pada Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sumatera Selatan di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (6/6/2024) (foto:A Tohir)

KETIK, PALEMBANG – Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN) Provinsi Sumatera Selatan melaounching Kantor Penerbitan Dokumen Elektronik 2024 secara serentak, untuk memudahkan layanan pertanahan berbasis digital atau elektronik di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (6/6/2024).

Pejabat Gubernur Sumatera Selatan Dr Agus Fatoni, M.Si didampingi Kakanwil BPN Provinsi Sumatera Selatan Asnawati, S.H., M.Si, mengatakan dengan adanya kantor penerbitan dokumen elektronik tahun 2024, merupakan programnya Kementerian ATR BPN untuk memberikan pelayanan dan sertifikat tanah dengan berbasis elektronik.

"Jadi sertifikatnya bukan manual lagi tetapi elektronik dan launching hari ini di Sumatera selatan adalah urutan launching yang keempat di seluruh Indonesia. Kegiatan ini serentak seluruh Kabupaten kota. Maka, khusus untuk di Sumsel dinamakan gerakan serentak," kata Agus Fatoni usai melaounching bersama.

Agus juga bersyukur dan berterima kasih kepada Kementrian ATR BPN yang telah menjadikan Sumatera Selatan sebagai tempat kegiatan launching pada hari ini.

"Kita bersyukur bahwa Sumatera Selatan sebagai tempat launching dengan Kabupaten kota terbanyak, terlengkap di seluruh Indonesia,"ungkapnya.

Oleh karena itu, Agus menghimbau kepada seluruh warga masyarakat, pemerintah, instansi vertikal maupun organisasi perangkat daerah, agar segera mengajukan permohonan untuk melakukan pensertifikatan secara elektronik. 

"Sertifikat elektronik ini sangat bermanfaat tentunya, dapat memudahkan masyarakat dalam pelayanan dan penyimpanan dokumen untuk dapat lebih efektif, efisien akuntabel. Jadi tidak sulit lagi untuk menyimpan di gudang. Karena itu perlu kita sambut baik sebagai terobosan yang luar biasa. Semua pelayanan menjadi lebih modern, lebih maju lagi sejajar dengan negara-negara lain dalam memberikan pelayanan," jelas Agus

Secara virtual, Sekjen Kementerian ATR/BPN RI, DR. IR. Suyus Windayana, M.APP., SC. mengatakan, pemprov Sumsel merupakan Provinsi keempat di Indonesia yang telah melaunching Kantor Penerbitan Dokumen Elektronik secara penuh di seluruh kab/kota. 

"Program ini sudah dilaunching oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo sejak tanggal 4 Desember 2023 lalu, itu merupakan awal kementerian ini untuk memasukan produknya dalam bentuk elektronik. Ini merupakan layanan penting, kedepannya layanan berbasis elektronik ini bisa di integrasikan dengan data lainnya, baik dari kementerian lembaga dan kementerian daerah. Sehingga ketika orang mau mengecek sertifikatnya, akan dapat dilakukan secara realtime oleh masyarakat," ungkapnya.

Kementerian ATR/BPN akan mengubah seluruh program strategis nasional menjadi layanan berbasis elektronik dan ditahun 2024 ini ditargetkan untuk bisa mengkonversi 4 juta sertifikat kelayanan elektronik. 

"Dengan layanan elektronik ini datanya akan lebih real time dan tidak ada lagi perbedaan - perbedaan informasi yang kira berikan ke publik. Kami juga mengucapkan selamat kepada semua seluruh jajaran Kantor ATR/BPN yang ada di Sumsel, semoga apa yang kita berikan hari ini bisa menjadi kebaikan bagi masyarakat dan kita semua,"harapanya

Sementara itu, Kakanwil Badan Pertanahan Nasional Sumsel, Asnawati, menegaskan dengan telah dilaunchingnya Kantor Penerbitan Dokumen Elektronik di 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, maka Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Selatan siap kapanpun untuk melayani kebutuhan masyarakat, dalam melakukan sertifikasi hak milik tanah mereka dan Sertifikat yang dikeluarkan berbasis elektronik. 

"Dengan adanya implementasi elektronik di sumsel, maka pelayanan akan lebih mudah untuk dilaksanakan, dimana pelayanan yang dilakukan secara elektronik dan Sertifikat yang dikeluarkan dalam bentuk elektronik juga. Sehingga memudahkan masyarakat untuk menyimpan dokumennya", pungkasnya.

Tombol Google News

Tags:

ATR/BPN Sumsel Kantor Penerbitan Dokumen Elektronik 2024