BMKG Perkirakan Surabaya Diguyur Hujan Lebat pada Malam Hari

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

15 November 2023 05:55 15 Nov 2023 05:55

Thumbnail BMKG Perkirakan Surabaya Diguyur Hujan Lebat pada Malam Hari Watermark Ketik
Wilayah Surabaya Barat terpantau mendung sejak pagi hari.(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Kota Surabaya khususnya bagian barat terpantau diguyur hujan dengan intensitas ringan pada pagi hari sekitar pukul 11.00 WIB. Hujan yang turun ini membuat cuaca di beberapa bagian terasa lebih sejuk dari biasanya. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung perak menyampaikan, untuk wilayah Surabaya kondisi cuaca secara umum diperkirakan berawan-berawan tebal, potensi hujan.

“Untuk hujan sendiri berpotensi terjadi pada intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi pada saat pagi hingga malam dini hari,” jelas Prakirawan BMKG Perak Adi kepada Ketik.co.id.

Adi menambahkan, hujan lokal ini umumnya terjadi dengan intensitas rendah hingga sedang, serta dengan durasi yang relatif singkat. Wilayah Surabaya yang berbatasan dengan laut menjadi kontributor terjadinya hujan lokal.

“Jadi ada kontribusi juga dari faktor lokal yaitu angin darat atau angin laut untuk pembentukan awan-awan hujan,” tambahnya.

Untuk saat ini menurut perkiraan, Kota Surabaya sudah mulai diguyur hujan dari intensitas sedang hingga lebat. Oleh sebab itu masyarakat disarankan dapat mempersiapkan diri. Terutama pada malam hari dan dini hari potensi terjadinya hujan lebat cukup besar.(*)

Tombol Google News

Tags:

BMKG Tanjung perak Hujan Cuaca Surabaya