Bloomberg Sebut Tiga Menteri Andalan Jokowi Berencana Mundur

Jurnalis: Nata Yulian
Editor: M. Rifat

25 Januari 2024 16:10 25 Jan 2024 16:10

Thumbnail Bloomberg Sebut Tiga Menteri Andalan Jokowi Berencana Mundur Watermark Ketik
Menkeu Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menlu Retno Marsudi. (Foto: Sekretariat Kabinet dan Kemlu RI)

KETIK, JAKARTA – Media ekonomi ternama Amerika Serikat (AS), Bloomberg, dalam laporannya mengungkap tiga menteri Kabinet Indonesia Maju yang saat ini dipimpin Presiden Joko Widodo akan mundur.

Ketiga Menteri itu selama ini dikenal sebagai andalan Jokowi dalam menjalankan pemerintahan yang dia pimpin. Mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Namun, mengutip sumber anonim, Bloomberg melaporkan ketiga menteri tersebut kemungkinan belum mengumumkan pengunduran diri dalam waktu dekat. Itu karena masih ada kekhawatiran keputusan itu akan mengganggu perekonomian Indonesia.

Hingga berita ini ditayangkan, Suara.com, media jejaring Ketik.co.id sedang berusaha mengkonfirmasi laporan ini ke ketiga kementerian tersebut.

Sebelumnya memang santer disebutkan sedikitnya ada lima menteri di Kabinet Jokowi bakal mengundurkan diri. Isu ini sudah dibantah pihak Istana.

"Semua menteri fokus bekerja membantu presiden," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana pada awal pekan ini (22/1/2024).

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga sudah membantah kabar tersebut pada pekan lalu. "Saya bekerja," ucap Sri Mulyani saat ditodong wartawan usai menghadiri rapat kabinet.

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi saat ini masih menjalankan tugas mewakili Indonesia dalam debat soal Gaza, Palestina di kantor PBB, New York, AS.

"Saya masih berada di UN (PBB, red) sebagai Menteri Luar Negeri, habis dari sini akan ada pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Laos, setelah Laos awal bulan saya akan ada di Brussel," ucap Retno awal pekan ini.

Sejauh ini baru Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD yang memastikan akan mundur dari kabinet. Mahfud merupakan calon wakil presiden di Pemilu mendatang dan berpasangan dengan Ganjar Pranowo. Mahfud MD mengatakan akan mengumumkan pengunduran dirinya dalam waktu dekat.(*)

Tombol Google News

Tags:

Menteri mengundurkan diri Retno Marsudi Basuki Hadimuljono Sri Mulyani Jokowi