Bikin Kaget! Ini Manfaat Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Mustopa

11 November 2023 00:04 11 Nov 2023 00:04

Thumbnail Bikin Kaget! Ini Manfaat Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan Watermark Ketik
Teh hijau mampu mempercepat metabolisme tubuh. (foto: Eat this Not That)

KETIK, SURABAYA – Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia Sinensis. Minuman ini digunakan dalam pengobatan Jepang dan Cina selama berabad-abad lamanya.

Proses pengolahan teh hijau lebih singkat dibandingkan jenis teh lainnya, seperti teh hitam, sehingga kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya masih terjaga. 

Sebelum mengetahui manfaat dari teh hijau, tidak ada salahnya jika mengulas terlebih dahulu kandungan dalam teh ini.

Mengutip Alodokter.com, teh hijau memiliki beberapa nutrisi seperti energi, protein, magnesium, kalium, dan kafein. Selain itu, green tea juga memiliki kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang sangat baik untuk kesehatan. 

Peminat teh hijau tidak hanya menyukai rasanya, tapi juga tergiur dengan kandungan gizi di dalamnya yang berpotensi memberikan manfaat pada tubuh. Dalam 100 gram hijau mengandung beragam nutrisi berikut ini: 

- Protein: 28,3 gram. 

- Lemak: 4.8 gram. 

- Karbohidrat: 53,6 gram. 

- Serat: 9.6 gram. 

- Kalsium: 245 mg. 

- Fosfor: 415 mg. 

- Zat besi: 18.9 mg. 

- Natrium: 60 mg. 

- Kalium: 5.873,9 mg. 

- Tembaga: 0,50 mg. 

- Zink: 0,0 mg. 

- Beta-Karoten: 8.400 mcg. 

- Tiamin atau vitamin B1: 0,38 mg. 

- Riboflavin atau vitamin B2: 1,24 mg. 

- Vitamin B3: 4,6 mg. 

- Vitamin C: 230 mg. 

Manfaat teh hijau untuk diet terbukti dari beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa jenis teh ini memiliki kandungan yang bisa menurunkan berat badan.Berikut manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan dari berbagai sumber. 

1. Mengandung antioksidan untuk memperlancar metabolisme 

Teh hijau memiliki salah satu antioksidan tersebut yakni epigallocatechin gallate (EGCG) yang tergolong ke dalam kelompok katekin. EGCG dilaporkan menjadi senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme di tubuh. 

Penelitian menunjukkan, katekin dari teh hijau dapat mengobati sindrom metabolik, seperti kegemukan dan diabetes melitus. Bahkan penelitian lain menunjukkan bahwa katekin memiliki efek positif terhadap manajemen berat badan setelah diet. 

2. Mempercepat pembakaran lemak 

Katekin bisa membantu memecah lemak berlebih, sementara baik kafein dan katekin dapat meningkatkan energi yang digunakan oleh tubuh. Teh hijau dilaporkan membantu meningkatkan proses pembakaran lemak, terutama ketika berolahraga.  

Penelitian American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi ekstrak teh hijau sebelum olahraga bisa membakar lemak 17 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsinya. 

3. Mengandung kafein 

Mengandung kafein dan salah satu tipe flavonoid bernama katekin, yang juga merupakan antioksidan. Kedua zat ini dipercaya dapat mempercepat metabolisme tubuh. 

Banyak penelitian menyebutkan bahwa peningkatan metabolisme berkat ekstrak teh hijau tersebut bisa mencapai sekitar 3-4 persen. 

Ada pula beberapa penelitian yang menunjukkan peningkatan metabolisme hingga 8 persen. 

Ini adalah Cara menikmati teh hijau untuk menurunkan berat badan 

Minum 2-3 cangkir teh hijau sepanjang hari dianggap cukup untuk membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, porsi ini tidak bisa jadi patokan bagi semua orang karena bergantung pada seberapa banyak kafein yang dikonsumsi dan proses metabolisme alami setiap orang. 

Teh hijau umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, sebaiknya Anda tidak meminumnya secara berlebihan karena dosis kafein yang tinggi dapat membawa pengaruh buruk terhadap orang-orang yang memiliki risiko masalah jantung atau yang punya tekanan darah tinggi. Bagi penderita maag juga tidak diharapkan mengonsumsi teh hijau ini untuk diet. (*)

Tombol Google News

Tags:

teh hijau menurunkan berat badan green tea camelia sinensis minuman Jepang