Biar ndak Cuma Numpang Lewat, Lakukan Ini saat THR Cair

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

9 April 2023 04:42 9 Apr 2023 04:42

Thumbnail Biar ndak Cuma Numpang Lewat, Lakukan Ini saat THR Cair Watermark Ketik
Ilustrasi THR. (Foto: bandung.viva.co.id)

KETIK, JAKARTA Usai perusahaan tempat Anda bekerja mentransfer uang tunjangan hari raya (THR) ke rekening Anda, godaan belanja bermunculan saat itu juga. Belanja barang yang Anda inginkan memang tidak dilarang, namun jangan lupa dengan pengeluaran penting yang harus Anda bayar terlebih dulu.

Pengeluaran-pengeluaran penting ini seharusnya didahulukan sebelum mengeluarkan uang untuk belanja atau melakukan hal yang Anda inginkan.

Ini untuk mengamankan keuangan Anda. Baik untuk dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut tips urutan pengeluaran uang dari yang paling penting:

1. Kurangi atau lunasi utang konsumtif

Ketika utang Anda lunas atau berkurang, maka beban keuangan Anda pun akan berkurang ke depannya. Ingat, semakin besar utang maka semakin mengecil pula nilai kekayaan Anda, dan Anda pun memiliki pengeluaran pasif yang wajib dibayar secara rutin.

Adanya THR bisa Anda manfaatkan untuk melunasi utang yang Anda punya, atau menguranginya sebagian.

Dengan porsi utang yang mengecil atau tidak ada sama sekali, Anda bisa lebih leluasa untuk menabung, berinvestasi, dan lainnya.

2. Beli asuransi yang tepat guna

Jika tidak ada utang, bagaimana kalau baiknya Anda tinjau kebutuhan proteksi Anda. Mungkin saja Anda belum memiliki asuransi kesehatan, atau sudah punya dari tempat kerja namun manfaatnya tidak bagus.

Anda tentu bisa menggunakan uang THR untuk membeli asuransi kesehatan rawat inap yang bagus dan tepat guna, agar keuangan Anda bisa terproteksi ketika musibah sakit datang.

Jika Anda memang sudah memilikinya, maka Anda bisa mempertimbangkan membeli asuransi jiwa apabila saat ini Anda sudah memiliki tanggungan.

Asuransi jiwa berperan mengurangi beban finansial keluarga tercinta di saat Anda tidak lagi mampu menjalankan aktivitas sebagai pencari nafkah.

3. Investasi buat masa depan

Tidak ada utang dan sudah punya asuransi yang pas untuk memproteksi keuangan, lantas apa lagi yang harus dilakukan?

Jika Anda masih berada dalam rentang usia produktif, ingat, akan ada masa Anda akan berhenti bekerja dan memasuki masa pensiun.

Manfaatkan saja THR Anda saat ini untuk berinvestasi demi masa depan yang aman, tenang, dan tenteram.(*)

Tombol Google News

Tags:

THR alokasi keuangan tips investasi