Berpamitan Dubes Inggris Owen Jenkins Harap Tetap Jalin Kerja sama

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

21 Juni 2023 13:07 21 Jun 2023 13:07

Thumbnail Berpamitan Dubes Inggris Owen Jenkins Harap Tetap Jalin Kerja sama Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat berbincang dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen John Jenkins, Rabu (21/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Jelang akhir masa tugasnya Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen John Jenkins menyempatkan diri mengunjungi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk berpamitan.

Khofifah pun menyambut dengan penuh kehangatan dan suka cita kedatangan Owen John Jenkins di Gedung Negara Grahadi, Rabu (21/6/2023).

Pria yang akrab disapa Owen ini sebelumnya memulai tugasnya pada tahun 2019, kini setelah 4 tahun mengabdi masa tugasnya hampir selesai. Dirinya pun menyempatkan diri mengunjungi Jawa Timur, karena banyak kerja sama yang sebelumnya telah terjalin.

"Saya sangat berterima kasih sekali atas sambutan hangat dari Pemprov Jatim. Jujur saya merasa sedih sekali karena tugas saya sudah selesai," ungkap Owen.

Mengenai kerja sama yang telah terjalin sebelumnya antara kerajaan Inggris dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dirinya berharap semoga tetap dapat terjalin dengan baik. Terutama mengenai penanganan Covid-19 semasa pandemi.

"Saya harap kerja sama yang telah terjalin sebelumnya dapat terus dilanjutkan, salah satunya mengenai kerjasama energi terbarukan dan transportasi perkotaan," tambah Owen.

Di satu sisi Gubernur Khofifah menuturkan banyak bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Inggris. Salah satunya mengenai terhadap sejumlah kelompok di BPSDM Jatim tentang perubahan perilaku menyikapi Covid-19. Misalnya, terkait budaya memakai masker, budaya dalam social distancing, hingga bantuan medis maupun non medis.

"Perilaku yang diberikan berupa mentoring dari Dubes Inggris punya makna besar proses perubahan perilaku masyarakat kita,"jelas Khofifah.

Foto Gubernur Khofifah dan Dubes Inggris Owen Jenkins saat memberikan keterangan pers, Rabu (21/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Gubernur Khofifah dan Dubes Inggris Owen Jenkins saat memberikan keterangan pers, Rabu (21/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Mantan Menteri Sosial RI tersebut menegaskan salah satu kerja sama yang akan dijalin adalah mengenai pengembangan green economy atau pengolahan limbah pabrik. Program ini merupakan kekuatan Pemerintah Inggris yang cukup sukses.

"Mengenai green economy bagaimana nantinya limbah dapat dimanfaatkan atau dikelola dengan baik untuk menghindari pencemaran lingkungan," tegas Khofifah.

Di akhir pertemuan, Khofifah berencana mengunjungi Kerajaan Inggris untuk membicarakan kerja sama mengenai waste energy dan untuk menerima penghargaan dari salah satu lembaga di sana.

"Jadi insyaallah nanti sekitar bulan agustus kami akan berkunjung ke Inggris untuk penjajakan kerja sama," pungkas Khofifah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Dubes Inggris Jawa timur Owen John Jenkins Gubernur Khofifah kerja sama Waste Energy