Berkumpul di Reuni Akbar, Ribuan Alumni Pesantren Al-Ittihad Cianjur Diminta Istiqomah Jaga Ukhuwah

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: M. Rifat

23 Juli 2023 03:31 23 Jul 2023 03:31

Thumbnail Berkumpul di Reuni Akbar, Ribuan Alumni Pesantren Al-Ittihad Cianjur Diminta Istiqomah Jaga Ukhuwah Watermark Ketik
Reuni Akbar dan Milad ke-25 Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur, (22/7/2023). (Foto: PP. Al-Ittihad)

KETIK, CIANJUR – Ribuan alumni hadiri puncak acara Reuni Akbar Ikatan Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Ittihad (IKAPPA) dan Milad ke-25 Pondok Pesantren Al-Ittihad Cianjur. Acara bertempat di lapang Al-Maryamah, Jalan Raya Bandung, Rawabango, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Sabtu (22/07/2023).

Puncak acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), KH. M. Choirul Anam MZD. Dia menyampaikan pentingnya menjaga ukhuwah yang berarti persaudaraan atau persatuan antar sesama ribuan alumni. 

"Menjaga ukhuwah antar sesama alumni Pesantren Al-Ittihad Cianjur adalah suatu keniscayaan agar kita menjaga persaudaraan dan persatuan di antara sesama alumni, mengingat memiliki latar belakang yang sama dalam pendidikan Islam di pesantren," ujarnya.

Menurut kiai yang juga pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Warungkondang itu, himbauan menjaga ukhuwah ini mencerminkan pentingnya menjaga hubungan baik antar sesama alumni, serta saling mendukung dan bekerja sama untuk kebaikan bersama.

"Dalam konteks ber Islam, ukhuwah sangat ditekankan sebagai salah satu nilai fundamental yang harus dipupuk dalam masyarakat Muslim," ucapnya menambahkan.

Kiai kelahiran Malang Jawa Timur ini menuturkan, bahwa dalam praktiknya, menjaga ukhuwah dapat dilakukan dengan beragam cara, di antaranya yaitu berkomunikasi secara aktif, menghindari perselisihan, membangun kebersamaan, saling mendoakan, toleransi dan pengertian, menjadi teladan yang baik, menjaga ukhuwah, dan selalu mengatasi perbedaan dengan bijak.

"Lalu saling memberi nasehat, membantu sesama yang membutuhkan, menjaga kerahasiaan, meningkatkan kemajuan bersama, berbagi ilmu dan pengalaman, menghindari ghibah atau menggunjing, membantu pengembangan pesantren, dan mempertahankan silaturahim," ungkapnya.

Kiai Anam mengingatlah bahwa ukhuwah adalah salah satu pondasi kuat dalam agama Islam, dan menjaga persaudaraan di antara sesama alumni merupakan bentuk implementasi nyata dari nilai-nilai agama tersebut. 

"Dengan menjaga ukhuwah, alumni Pesantren Al-Ittihad Cianjur dapat bersama-sama membangun lingkungan yang harmonis dan saling mendukung dalam kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara," tandasnya menutup penyampaian.(*)

Tombol Google News

Tags:

IKAPPA Reuni Akbar Milad ke-25 Pesantren Al-Ittihad Cianjur