Berikan Pembekalan kepada Mahasiswa Program PMM, Khofifah Berpesa Jaga Persatuan Bangsa

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

17 Oktober 2023 07:06 17 Okt 2023 07:06

Thumbnail Berikan Pembekalan kepada Mahasiswa Program PMM, Khofifah Berpesa Jaga Persatuan Bangsa Watermark Ketik
Khofifah saat memberikan pembekalan pada 390 mahasiswa program PMM. (Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberi pembekalan dalam Program Kelas Inspirasi Kegiatan Modul Nusantara atau Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) semester gasal 2023/2024 yang diikuti 390 mahasiswa dari 95 perguruan tinggi di Gedung Negara Grahadi, Senin (16/10/2023) malam.

Dalam kesempatan ini, Khofifah mengingatkan mengenai pentingnya menjaga persatuan bangsa. Sebagai negara yang memiliki beragam suku dan budaya isu SARA merupakan suatu hal yang sensitif, dan jangan sampai isu tersebut memecah solidaritas dan persatuan bangsa.

"Melalui program ini kalian dikenalkan dengan konsep Bhinneka Tunggal Ika yang memperkenalkan berbagai tradisi, kearifan, keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif," jelas Khofifah saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Senin (16/10/2023).

Mantan Menteri Sosial RI tersebut menambahkan, Provinsi Jawa Timur atau yang dikenal sebagai bumi majapahit merupakan daerah yang memiliki banyak keragaman yang disatukan melalui Sumpah Palapa yang diucapkan Patih Gajah Mada. Oleh sebab itu persatuan akan terus dijaga untuk menghargai jasa para pejuang.

"Tidak mungkin kita seperti sekarang tanpa ada tahapan perjuangan para pahlawan yang begitu banyak memberikan pengorbanan untuk negeri ini," tambah Khofifah.

Foto Keseruan Gubernur Khofifah bersama para mahasiswa Program PMM. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Keseruan Gubernur Khofifah bersama para mahasiswa Program PMM. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Khofifah juga tak lupa membawa semangat moto provinsi Jawa Timur yakni "Jer Basuki Mawa Beya" yang memiliki arti setiap keberhasilan membutuhkan kesungguhan dan kerja keras. Sebagai generasi penerus bangsa, para mahasiswa ini diharapkan menjadi pribadi yang selalu bekerja keras dalam mencapai tujuannya.

"Dalam menggapai sesuatu yang dicita-citakan selalu ada kerja keras yang harus dilakukan untuk menggapainya. Percayalah tidak akan ada kesuksesan tanpa kerja keras dan kesungguhan," katanya.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama Rektor Universitas Airlangga Prof. Mohammad Nasih menuturkan bahwa pembelajaran harus dilakukan secara berkelanjutan di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Bahwa pembelajaran kuliah tidak hanya untuk mendapatkan ijazah, tetapi juga harus mendapatkan ijazah dalam bentuk kemampuan spiritual. 

"Yang kemudian diamalkan bersama untuk melengkapi dan menyempurnakan ijazah selama duduk di bangku perkuliahan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

PMM Mahasiswa Kelas Inspirasi Gubernur Khofifah Gedung Negara Grahadi Pendidikan mahasiswa Jawa timur