Beri Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kepulauan, Gubernur Khofifah Berangkatkan Tim Yankes Bergerak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

26 Oktober 2023 06:46 26 Okt 2023 06:46

Thumbnail Beri Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kepulauan, Gubernur Khofifah Berangkatkan Tim Yankes Bergerak Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat memberangkatkan Tim Yankes Bergerak ke pulau Kangean. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jatim, Gubernur Khofifah memberangkatkan Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak ke Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep dari halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada Rabu (26/10/2023) dini hari.

Keberangkatan tim Yankes ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pulau Kangean. Tim yang terdiri dari 91 orang ini akan memberikan layanan kesehatan di Pulau Kangean selama 4 hari pada 26 - 29 Oktober 2023. 

"Ini adalah upaya penjangkauan layanan kesehatan bagi wilayah kepulauan di Jatim. Nantinya pelayanan akan dipusatkan di Rumah Sakit Abuya, Puskesmas Arjasa dan Kantor Kecamatan Arjasa," jelas Khofifah saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Rabu (25/10/2023).

Khofifah menambahkan, pemberangkatan tim Yankes ini sebagai wujud memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil. Terbatasnya sumberdaya seringkali menjadi tantangan akan pemenuhan kebutuhan yankes di kepulauan.

"Kita bisa bayangkan bagaimana proses layanan kesehatan terkait tindakan atau operasi tertentu, yang terpaksa harus dilakukan tanpa lampu, tanpa anestesi karena keterbatasan,"tambah Khofifah.

Tim Yankes Bergerak ini nantinya akan menangani 720 pasien yang berasal dari wilayah Puskesmas Arjasa, dan Puskesmas Kangayan. Rinciannya, terdiri dari 411 kasus kesehatan mata, 65 kasus kesehatan gigi, 35 kasus kesehatan kandungan, dan 209 kasus lainnya yang memerlukan tindakan bedah. 

"Jikalau tim ini harus melanjutkan tugas lain, maka saya minta kepada Kadinkes Jatim untuk tetap ada tambahan tim ke Pulau Kangean," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Prov. Jatim dr. Erwin Astha melaporkan, sebelumnya akibat pandemi Covid-19 keberadaan tim Yankes Bergerak ini sempat terhenti pada 2020. Tercatat sampai saat ini, masyarakat yang telah mendapatkan layanan sebanyak 8.642 orang, tersebar di beberapa pulau di Jawa Timur. 

"Kegiatan ini adalah wujud dari kehadiran pemerintah provinsi terhadap pemenuhan kebutuhan Pelayanan Kesehatan (yankes) di daerah Kepulauan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pemprov Jatim Gubernur Khofifah tim yankes bergerak Pulau Kangean HUT ke-78 Provinsi Jawa Timur