Bencana Longsor Terjadi di Padang, 2 Warga Dilaporkan Hilang

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

8 Mei 2024 03:34 8 Mei 2024 03:34

Thumbnail Bencana Longsor Terjadi di Padang, 2 Warga Dilaporkan Hilang Watermark Ketik
Pengerahan alat berat untuk membersihkan jalur Padang-Solok dari material longsor. (Foto: BPBD Kota Padang)

KETIK, PADANG – Akibat diguyur hujan dengan intensitas tinggi, bencana longsor kembali terjadi di Kota Padang, tepatnya di Panorama Dua, Kelurahan Indaraung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, pada Selasa (7/5/2024).

Akibat kejadian ini dua orang warga dilaporkan tertimbun tanah longsor. Hingga saat ini upaya pencarian masih terus dilakukan oleh tim gabungan.

Abdul Muhari, Ph.D. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan longsor juga menyebabkan akses Jalan Padang-Solok tidak bisa dilalui dari kedua arah akibat tertutup material longsoran yang panjangnya mencapai 70 meter dengan lebar 16 meter, serta ketinggian materialnya sekira 2 meter. 

"Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, peristiwa longsor yang terjadi pada pukul 13.53 WIB," jelasnya dalam keterangan tertulis.

Hingga saat ini tim gabungan dari unsur BPBD Kota Padang, BPBD Provinsi Sumatera Barat, TNI, dan Polri serta instansi terkait, masih terus melakukan pencarian korban hilang. Upaya pembersihan jalur Padang-Solok dari material longsor juga dilakukan agar bisa segera dilalui kendaraan. 

"Proses pembersihan melibatkan tiga alat berat sekaligus, agar lebih cepat selesai sehingga bisa dilalui kendaraan," tambahnya.

Mengingat masih ada potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang, masyarakat di sepanjang aliran sungai dan tebing curam diimbau tetap waspada dan berinisiatif untuk evakuasi mandiri, khususnya ketika terjadi hujan menerus lebih dari satu jam dan jarak pandang kurang dari 100m. 

"Kepada warga dihimbau untuk tetap waspada mengingat curah hujan tinggi masih akan terjadi," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

bencana longsor curah hujan tinggi BPBD Kota Padang Bnpb Jalur Padang-Solok