Bawaslu Tunggu Laporan Masyarakat, Terkait Foto Kepala Kemenag Sleman dengan Petahana di Masa Kampanye

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

18 Oktober 2024 10:03 18 Okt 2024 10:03

Thumbnail Bawaslu Tunggu Laporan Masyarakat, Terkait Foto Kepala Kemenag Sleman dengan Petahana di Masa Kampanye Watermark Ketik
Kantor Bawaslu Kabupaten Sleman siap menerima laporan masyarakat, 17 Oktober 2024. (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar akhirnya berbicara terkait beredarnya foto Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sleman H Sidiq Pramono yang kedapatan duduk berdampingan dengan calon Bupati Sleman (Petahana) Kustini Sri Purnomo dalam suatu acara.

Menurut Arjuna, bila ada laporan dari masyarakat terkait hal ini, tentu nanti akan ditelusuri dahulu seperti apa kegiatannya. Apakah ada unsur kampanye dan sebagainya.

"Tentu harus dikaji dahulu sebelum Bawaslu memutuskan ada tidaknya dugaan pelanggaran di sana," terang Arjuna, Kamis 17 Oktober 2024.

Ia ungkapkan, secara internal tentu akan ia tanyakan kepada Kepala Kantor Kemenag Sleman. Karena juga bagian dari Forkopimda terkait hal itu.

Hanya saja, sebut Arjuna untuk penanganan pelanggarannya, bila masyarakat punya bukti akan lebih baik bila dilaporkan. Jadi semakin cepat proses penanganannya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Sleman H Sidiq Pramono yang notabene adalah ASN kedapatan dalam foto tengah duduk berdampingan dengan calon Bupati Sleman petahana. Dalam klarifikasinya ia menyebut, itu acara Turba PCNU ke MWCNU.

"Saya sambutan selaku Ketua PCNU Sleman. Bicara soal organisasi tidak bicara soal dukung mendukung," tegas Sidiq Pramono.

Meski begitu keberadaan foto itu membuat pertanyaan masyarakat. Mengingat saat acara Pelantikan Pengurus MWC NU Turi periode 2024 - 2029 dan kegiatan turun ke bawah (Turba) PC NU Sleman 12 Oktober 2024 mulai 21.00 WIB di Pendopo Pulesari Wonokerto, Turi, Sleman ini terpantau adanya kendaraan dinas plat merah bernomor AB 95 di lokasi acara.

Kustini Tidak Diundang

Terbaru, Sidiq Pramono mengaku sebagai pengurus NU dirinya hanya berbicara masalah organisasi tidak boleh berkampanye. Sidiq juga menyampaikan dirinya tidak tahu menahu terkait kehadiran Cabup petahana tadi. Ia juga mengaku tidak pernah mengundangnya dalam acara tersebut.

“Saya tidak mengundang bu Kustini. Saya diundang untuk melantik dan silaturahmi Turba (Turun kebawah silaturahmi) saja," dalihnya.

Seperti diketahui, sebelumnya selain menjadi Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Sleman Periode 2021-2026, Sidiq Pramono merupakan PNS dengan Pangkat / Golongan, Pembina Tingkat I, IV/b yang menjabat Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gelaran Pilkada 2024 Pilkada Sleman netralitas ASN Kantor Kemenag Sleman PCNU Sleman Kemenag Sleman Kanwil Kemenag DIY Gubernur DIY klarifikasi Bawaslu Sleman Bawaslu DIY Bawaslu RI Kepala Kemenag Sleman