Batu Love Garden, Surga Kebun Bunga di Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

28 Januari 2024 10:46 28 Jan 2024 10:46

Thumbnail Batu Love Garden, Surga Kebun Bunga di Kota Batu Watermark Ketik
Hamparan bunga di Batu Love Garden di Jalan Raya Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Batu Love Garden atau Baloga memiliki 600 jenis tanaman bunga di hamparan lahan seluas 7 hektare. Sehingga, tempat wisata yang berada di Jalan Raya Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur itu merupakan surga bagi pecinta bunga.

Baloga sebagai salah satu bagian wisata milik Jawa Timur Park Group mengajak pengunjung kembali ke alam dan mencintai alam melalui edukasi wisata. Yaitu cara bercocok tanam aneka jenis tanaman buah-buahan, sayuran dan aneka macam bunga hias.

Titik S Ariyanto, Marketing Manager and Public Relation Jatim Park Group mengatakan, Baloga memiliki 600 jenis tanaman bunga. Menurutnya, 70 persen tanaman tersebut berasal dari Bumiaji yang merupakan sentra tanaman hias di Kota Batu 

"Kemudian 30 persen dari luar negeri seperti begonia dan petonia itu dari Amerika Serikat,” ujarnya, Minggu (28/1/2024).

Ada dua zona di Baloga yaitu indoor dan outdoor. Di zona indoor terdapat aneka tanaman kering seperti kaktus, bonsai, hingga budidaya anggrek. Ada juga beragam tanaman aquaponik dan hidroponik.

Sedangkan di zona outdoor terdapat kebun jeruk, kebun bunga matahari, hingga tanaman hasil karya seni pangkas atau biasa disebut topiary.

Foto Parade Bunga akhir pekan di Batu Love Garden di Jalan Raya Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)Parade Bunga akhir pekan di Batu Love Garden di Jalan Raya Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

Baloga juga memiliki rumah kupu-kupu yang di dalamnya ada beberapa jenis hewan mulai dari lebah, belalang hingga rayap hewan yang berkaitan dengan tanaman.

"Kami baru buka secara resmi untuk menyongsong libur natal dan tahun baru, tepatnya pada 19 Desember 2020," tambahnya.

Kemudian ada juga beberapa wahana yang disiapkan Baloga untuk menikmati hamparan bunga. Yaitu kuda poni dan kereta yang melewati hamparan kebun bunga dan buah. Ada juga rainbow slide, dan naik unta keliling taman bunga.

Di akhir pekan dan hari libur, Baloga menyuguhkan Parade bunga. Parade Bunga Baloga tersebut menghadirkan pawai berupa arak-arakan mobil hias, penari dan cosplay.

Tidak hanya itu, pengunjung dapat menikmati Berbagai wahana dibangun di tempat Batu Love Garden. Seperti Wahana Tropical Fruit, All About Orange, Rumah Kupu, Bonsai Corner, Tulip Garden, Aquascape, Flower Exhibition, Spot Ala Garden By The Bay, Spot Ala Begonia Garden di Jepang hingga Giant Plant serta Dubai Spot dan yang terbaru Rainbow Slide.

"Tiket masuk ke Baloga sebesar Rp 60 ribu pada hari biasa, dan Rp 80 ribu di akhir pekan. Kami juga menawarkan segala macam edukasi pertanian. Seperti dari edukasi cara menanam bunga dan menanam padi," urai Titik.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu batu love garden Wisata Bunga