Bank Indonesia Rilis 7 Program Unggulan Kendalikan Inflasi

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Irwansyah

8 Maret 2023 14:35 8 Mar 2023 14:35

Thumbnail Bank Indonesia Rilis 7 Program Unggulan Kendalikan Inflasi Watermark Ketik
Bank Indonesia. (Foto: dok. Lifepal)

KETIK, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menjalin kerjasama dengan Pemerintah untuk menghadapi tantangan inflasi multidimensi secara nasional.

Melalui wadah Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) serta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Bank Indonesia meluncurkan kebijakan inovasi dan bersinergi.

Hal tersebut merupakan perwujudan dari penguatan keberlanjutan 7 program unggulan yang dicanangkan oleh Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) pada Kick Off GNPIP 2023 di Makassar.

Acara Kick Off GNPIP 2023 mengusung tema Sinergi dan Inovasi untuk Ketahanan Pangan Nasional.

Penyusunan program unggulan mengacu pada peta jalan pengendalian inflasi 2022-2024 dan strategi pengendalian inflasi GNPIP 2023. Dengan mengedepankan upaya stabilitas harga yang struktural, forward looking, dan berbasis digital guna mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional. 

Tujuh program unggulan yang diinisiasi GNPIP meliputi, pertama, Dukungan pelaksanaan kegiatan operasi pasar/pasar murah/SPHP. Kedua, Penguatan ketahanan pangan strategis.

Ketiga, perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD). Keempat, dukungan untuk subsidi ongkos angkot. Kelima, peningkatan pemanfaatan alsintan dan saprotan.

Keenam, penguatan infrastruktur Teknologi, Informasi, Komunikasi (TIK) diantaranya neraca pangan daerah. Ketujuh, penguatan koordinasi dan komunikasi untuk menjaga ekspektasi inflasi.

Bank Indonesia berharap tujuh program unggulan dapat menjadi media percepatan langkah nyata untuk menekan inflasi pangan, mendorong produksi, mendukung ketahanan pangan nasional yang akan mendorong daya beli, serta pemulihan ekonomi yang berkelanjutan.

Sementara itu, Bank Indonesia berkomitmen untuk memberikan dukungan dalam mengendalikan inflasi volatile foods dan ekspektasi inflasi menjelang periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). 

Bentuk pengendalian melalui penguatan dukungan fasilitasi pasar murah, koordinasi penguatan dan perluasan kerjasama antar daerah (KAD), serta memperkuat koordinasi dan komunikasi kebijakan pengendalian inflasi.

Selanjutnya sinergi GNPIP akan terus diupayakan dalam rangka optimalisasi langkah-langkah pengendalian inflasi di daerah. 

Baik dari sisi pasokan, produksi mendukung ketahanan pangan nasional, daya beli, serta pemulihan ekonomi nasional. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bank Indonesia 7 program pengendalian Inflasi