Banjir Melanda Sukorembug Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

1 Desember 2023 10:21 1 Des 2023 10:21

Thumbnail Banjir Melanda Sukorembug Kota Batu Watermark Ketik
Warga Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo sedang membendung air supaya tidak masuk ke halaman rumah, Jumat (1/12/2023). (Foto: istimewa)

KETIK, BATU – Hujan deras yang mengguyur Kota Batu, Jumat (1/12/2023) siang menyebabkan banjir di Dusun Sukorembug Desa Sidomulyo Kecamatan Kota Batu. 

Dari video yang dikirimkan warga setempat, air hujan mengalir deras di jalan dusun tersebut. Air setinggi lutut orang dewasa juga menggenangi halaman warga. Ada beberapa warga mencoba membendung air dengan alat seadanya. Seperti tong sampah, supaya air tidak masuk ke halaman rumah.

"Dugaan banjir karena pendangkalan aliran irigasi untuk perikanan. Serta adanya sumbatan di Sungai Sukorembug dan dipicu hujan lebat selama kurang lebih 2-3 jam menyebabkan banjir luapan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu.

Agung menguraikan, ketinggian banjir di Dusun Sukorembug tersebut mencapai mencapai 20-30 cm. Ada tiga rumah dan satu sekolah terendam banjir. Tidak hanya itu, banjir juga merendam lahan pertanian bunga milik warga setempat.

"Tiga rumah terendam sehingga hampir seluruh perabotan rumah basah, Serta ladang pertanian bunga masing-masing mengalami kerusakan ringan yang letaknya tepat di belakang rumah," urainya.

Agung mengatakan, pihaknya langsung koordinasi dengan instansi terkait untuk normalisasi aliran sungai irigasi di Dusun Sukorembug. Kemudian, melakukan pembersihan material banjir. Serta, pemberian bantuan peralatan rumah tangga, baju dan sembako kepada warga terdampak.

"Kami berkoordinasi dengan instansi terkait untuk normalisasi aliran sungai irigasi supaya banjir tidak terjadi ketika hujan kembali turun," jelasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Hujan banjir