Bandung Barat Diterjang Banjir Bandang, Puluhan Rumah Hanyut dan Seorang Warga Tertimpa Bangunan

Jurnalis: Iwa AS
Editor: Akhmad Sugriwa

25 Maret 2024 02:02 25 Mar 2024 02:02

Thumbnail Bandung Barat Diterjang Banjir Bandang, Puluhan Rumah Hanyut dan Seorang Warga Tertimpa Bangunan Watermark Ketik
Seorang warga Bandung Barat saat dievakuasi akibat tertimpa reruntuhan bangunan, Minggu (25/3/24). (Foto: ist)

KETIK, BANDUNG – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bandung Barat menyebabkan banjir bandang terutama di Kecamatan Cipongkor dan sekitarnya, Minggu (24/3/2024) malam. Banjir bandang akibat meluapnya Sungai Cijambu tersebut selain merendam rumah-rumah warga,  juga mengakibatkan longsor.

Belum diketahui pasti adanya korban jiwa. Namun menurut laporan sementara penduduk setempat, akibat bencana tersebut seorang anak berusia enam tahun terbawa arus. Seorang warga lainya terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan rumah akhirnya bisa dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit.

Keterangan yang berhasil dihimpun dari warga  setempat, kejadian bencana longsor dan banjir bandang di Kecamatan Cipongkor tersebut meliputi Desa Sirnagalih, Cijambu, dan Desa Cibenda Kecamatan Cipongkor serta Desa Cibitung dan Sukaresmi Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Atas kejadian itu dikabarkan lebih dari 10 rumah di Desa Sirnagalih terendam banjir dan satu rumah terancam longsor. Dilaporkan banjir bandang mengakibatkan dua jembatan penghubung antar Desa Sirnagalih-Cijambu terputus tak bisa dilalui kendaraan. Kampung Ciawi telah terendam banjir dengan ketinggian air kurang lebih 3 meter dan dilaporkan seorang korban dilarikan ke rumah sakit akibat terendam.

Selanjutnya di Desa Cibenda terjadi longsor, tepatnya di Kampung Gintung yang menyebabkan sekira 30 unit bangunan tergusur dan tertimpa tanah.

Menurut keterangan warga, hingga semalam dikabarkan seorang anak berusia enam tahun terbawa arus sungai dan belum ditemukan. Namun kabar lainnya, warga setempat berhasil menemukan seorang bacah yang hanyut terbawa air.

Sementara seorang warga lainnya dilaporkan tertimpa reruntuhan bangunan dan hingga malam warga setempat masih melakukan pertolongan untuk mengevakuasi korban dari reruntuhan material yang menimpa tubuhnya.

Menurut Euis warga Cibenda yang rumahnya juga turut terendam air, hujan deras yang mengguyur semalam lebih dari tiga jam. Akibatnya sungai Cijambu meluap dan terjadi banjir bandang.

Musibah terebut, kata Euis, telah menyebabkan longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda. Puluhan rumah rusak berat dan ringan dan warga pun kini diungsikan di GOR Desa Cibenda.

“Katanya mah akibat longsor tersebut banyak korban dan semalam sejumlah ambulan pada lewat ke sini. Sekarang warga korban banyak diungsikan di GOR Desa,” kata dia.(*)

Tombol Google News

Tags:

banjir badang Bandung Barat Longsor