Bakal Kedatangan Tamu Mancanegara di AMG, Pemkab Jember Tonjolkan Potensi Daerah

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa

4 September 2023 11:16 4 Sep 2023 11:16

Thumbnail Bakal Kedatangan Tamu Mancanegara di AMG, Pemkab Jember Tonjolkan Potensi Daerah Watermark Ketik
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember Edy Budi Susilo (kanan) usai rapat koordinasi, Senin (4/9/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Ajang Asian Music Games (AMG) 2023 perdana bakal digelar di Indonesia pada tanggal 20-25 September mendatang. Kali ini, Kabupaten Jember terpilih menjadi tuan rumah gelaran bertaraf internasional tersebut 

Ada 2033 atlet dan ofisial dari 21 negara di Asia yang akan bertanding. Total ada 4 ribu lebih tamu yang akan datang ke Jember, sehingga Pemkab telah menggelar persiapan sejak Mei lalu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jember, Edy Budi Susilo, acara Asian Music Games bukan hanya pertandingan marching band. Namun ketangkasan dan ketahanan fisik peserta bakal diuji dengan jenis lomba yang ada.

Edy mengatakan, serangkaian acara Asian Music Games berlangsung sejak 18 September. Pada tanggal tersebut para tamu mulai berdatangan di Kabupaten Jember. 

“Kemudian ada technical meeting juga melihat dan mencoba lapangan. Kemudian secara resmi akan dibuka pada 23 September dalam bentuk street parade dari sentral park Alun-alun sampai di Jalan Gajah Mada,” paparnya saat rapat koordinasi bersama OPD, Senin (4/9/2023).

Para tamu yang akan datang disebut tertarik dengan potensi Jember. Mereka meminta agar dapat difasilitasi eksplorasi potensi wisata alam maupun buatan di Jember.

“Tanggal 25 kita akan melaksanakan city tour bagi para peserta sebelum kembali ke negara masing-masing,” ungkap Edy.

Pihaknya akan menggandeng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember untuk menyediakan paket-paket wisata bagi tamu Asian Music Games.

“Disparbud akan menyediakan bus dan paket wisata potensi Jember. Destinasi seperti Puslitkoka (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao) dan industri cerutu,” imbuhnya.

Gelaran internasional ini merupakan kesempatan yang dimanfaatkan Pemkab Jember untuk membangkitkan perekonomian masyarakat pasca pandemi. Soal target, Edy menyebutkan tri sukses yang akan dicapai.

“Sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, dan sukses ekonomi kita bangkit,” pungkas Edy.(*)

Tombol Google News

Tags:

Asian Music Games AMG 2023 Jember Indonesia Asia Wisata Ekonomi Ekonomi kreatif Dispora Disparbud Pemkab Jember