Awas! Ini Daftar Minuman Tinggi Gula, Bikin Diabetes Naik saat Lebaran

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

10 April 2024 03:00 10 Apr 2024 03:00

Thumbnail Awas! Ini Daftar Minuman Tinggi Gula, Bikin Diabetes Naik saat Lebaran Watermark Ketik
Es kopi susu kekinian yang memiliki gula cukup tinggi. (foto: Pinterest)

KETIK, SURABAYA – Saat merayakan Lebaran bersama keluarga maupun kerabat lainnya, kita kerap kali terbuai dengan makanan dan minuman yang disajikan sehingga sejenak melupakan dampak yang ditimbulkan makanan dan minuman tersebut.

Lebaran identik dengan sajian makanan dan minuman lezat dan enak, tak terkecuali minuman manis. Saat silaturahmi atau reuni, Anda pasti akan menjumpai jenis-jenis makanan dan minuman tersebut.

Bagi Anda yang mengidap diabetes atau penyakit lainnya, tentu wajib mengendalikan diri agar tidak terlalu banyak atau bahkan menghindari sama sekali jenis minuman manis.

Pasalnya, mengonsumsi minuman manis dalam frekuensi terlalu sering akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Minuman manis bisa memicu kadar gula naik dengan cepat. Kadar gula darah dikatakan terlalu tinggi apabila melebihi angka 200 mg/dL.

Nah, dengan begitu, Anda perlu mengetahui minuman apa saja yang bisa bikin gula darah naik saat perayaan Lebaran agar Anda bisa membatasi konsumsinya.

Berikut daftar minuman yang membuat gula darah naik saat Lebaran, yang perlu diketahui.

1. Es Sirup

Rasanya tidak lengkap menyajikan sajian Lebaran tanpa es sirup entah dengan tambahan buah atau tidak. Namun, minuman ini mengandung karbohidrat dan fruktosa yang terkait dengan resistensi insulin serta dapat menaikkan risiko terjadinya diabetes. Jadi, batasi konsumsinya.

2. Es kopi susu

Bagi penggemar kopi, es kopi susu adalah pilihan nikmat ketika mengantuk atau merasa kurang berenergi.

Satu cangkir (240ml) es kopi susu dengan gula mengandung sekitar 9 gram gula atau setara dengan 2 sendok teh. Jumlah ini sudah memenuhi sepertiga batasan konsumsi gula harian.

Selain itu, susu yang digunakan bisanya jenis kental manis atau krimer tinggi lemak, yang kandungan gula dan lemak jenuhnya tinggi.

3. Minuman bersoda

Sulit rasanya menolak ketika disodori minuman bersoda dingin, apalagi jika cuaca panas terik. Namun, perlu diingat bahwa minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

Satu botol atau kaleng minuman bersoda berukuran 300-350 ml, kadar gulanya bisa 25 gram atau lebih. Jumlah itu sudah lebih dari asupan gula tambahan yang disarankan. Maksimal sebenarnya 25 gram per hari, baik pada pria atau wanita, atau sekitar empat sendok teh.

4. Jus buah

Jus buah yang dimaksud adalah jus buah dengan tambahan gula di dalamnya. Jus buah pada dasarnya sudah memiliki rasa alami yang cukup nikmat dan manis. Ketika ditambahkan gula, maka Anda akan mendapatkan asupan gula berlebih.

Di samping itu, nutrisi dalam jus buah tidak dapat membawa manfaat maksimal, karena akan kalah dengan gula yang Anda masukkan

5. Teh manis

Saat bersilaturahmi dari rumah ke rumah saat Lebaran, minuman lain yang paling umum disajikan adalah teh manis. Teh memang tidak berbahaya, tapi ingat bahwa ada kandungan gula di sana, terlabih jika itu teh kemasan. Terbayang bukan jika dalam satu hari meneguk beberapa gelas teh manis, tentunya gula darah akan melonjak.

Semoga informasi terkait 5 minuman bikin gula darah naik saat Lebaran di atas bisa berguna untuk Anda. Batasi minuman di atas agar gula darah tetap stabil pasca Lebaran.

Setelah mengetahui dampak minuman manis dengan gula tambahan bagi tubuh, lain kali cobalah untuk lebih bijak dalam mengonsumsinya.

Pilihlah minuman yang lebih alami, seperti yoghurt tanpa rasa (plain), jus buah tanpa tambahan pemanis, atau setia dengan air putih, jika Anda tak mau gula darah naik saat lebaran. (*)

Tombol Google News

Tags:

diabetes Minuman minuman tinggi gula hidangan lebaran Lebaran 2024