Awas Berbahaya, Hindari Menaruh Smartphone di Tempat Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Rudi

26 April 2023 19:30 26 Apr 2023 19:30

Thumbnail Awas Berbahaya, Hindari Menaruh Smartphone di Tempat Ini Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Polina/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat ini smartphone merupakan perangkat wajib yang harus dimiliki semua orang. Dengan perangkat ini membuat kita tetap terhubung dengan orang sekitar seperti keluarga, teman atau pun rekan kerja.

Tetapi seperti yang kita ketahui jika di balik fungsinya yang sangat besar untuk membantu aktivitas kita, smartphone memiliki efek negatif melalui radiasi yang dipancarkannya.

Tingkat radiasi smartphone disebut berpotensi menyebabkan jenis kanker tertentu atau masalah kesehatan. Kanker otak dan sistem saraf pusat telah menjadi perhatian khusus karena telepon genggam digunakan dekat dengan kepala.

Lokasi penyimpanannya pun amat berpengaruh pada paparan radiasi itu.

Berikut ini kami uraikan beberapa tempat yang tidak tepat untuk menyimpan smartphone karena dapat memperparah radiasinya.

1. Di Bawah Bantal 

Bagi kamu yang gemar menyimpan smartphone di bawah bantal ada baiknya mulai menghindari hal ini. Menaruh smartphone di bawah bantal dapat meningkatkan panas dan berisiko memicu kebakaran. Selain itu paparan radiasinya juga dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker otak.

Selain itu bermain smartphone sebelum tidur dapat berpengaruh buruk terhadap kualitas tidurmu akibat pancaran sinar dari layar smartphone.

2. Di Dekat Wajah

Untuk memudahkan meraih smartphone banyak orang yang menaruhnya di dekat wajah ketika akan tidur. Hal ini dapat berakibat buruk terhadap kesehatan kulit.

Pancaran sinar biru dari smartphone dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini lantaran sinar biru akan mempercepat prosea oksidasi kulit.

3. Saku Celana

Hal ini banyak dilakukan oleh para pria, mereka suka menaruh smartphone di saku celana karena dipandang lebih praktis. Padahal menurut penelitian paparan radiasi gelombang elektromagnetik radiofrekuensi ponsel terbukti menurunkan kualitas dan fungsionalitas spermatozoa manusia secara in vitro.

Hal ini tentu saja akan berdampak buruk terhadap kualitas sperma yang akan mempengaruhi kesuburan pria, selain itu menaruh smartphone di saku celana juga dapat memicu tumbuhnya tumor.(*)

Tombol Google News

Tags:

smartphone radiasi kanker kesehatan sinar biru