Arum Sabil: Banyak Sejarah dan Tokoh Besar Gerakan Pramuka Lahir di Jawa Timur

Jurnalis: Naufal Ardiansyah
Editor: Mustopa

17 November 2023 14:04 17 Nov 2023 14:04

Thumbnail Arum Sabil: Banyak Sejarah dan Tokoh Besar Gerakan Pramuka Lahir di Jawa Timur Watermark Ketik
Sambutan Ketua Kwarda Pramuka Jatim HM Arum Sabil di acara Pembukaan Raimuna ke-14 tahun 2023 di Pantai Prigi, Trenggalek (Foto: Naufal Ardiansyah/Ketik.co.id)

KETIK, TRENGGALEK – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil menyebutkan bahwa Jawa Timur menjadi saksi lahirnya sejarah dan tokoh-tokoh besar Gerakan Pramuka. 

Hal tersebut diungkapkan Arum Sabil saat pembukaan Raimuka ke-14 tahun 2023 di Pantai Prigi, Trenggalek pada Jumat (17/11/2023) malam. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 1.500 pramuka penegak-pandega.

"Bicara Gerakan Pramuka Indonesia, tidak bisa lepas dari Gerakan Pramuka Jawa Timur. Gerakan Pramuka Jawa Timur merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan Gerakan Pramuka Indonesia," katanya.

Arum Sabil menyebut istilah Raimuna pertama kali digunakan saat Raimuna Nasional ketiga yang berlangsung di Karangkates, Malang, Jawa Timur. Perkemahan tersebut digelar pada 14 hingga 24 September 1976.

"Di sinilah, di Jawa Timur, nama Raimuna itu pertama kali dipakai dalam kegiatan besar Pramuka Indonesia," lanjut Arum Sabil.

"Di Jawa Timur jugalah pada tanggal 18 Juni sampai 29 Juli 1978 dilaksanakan Perkemahan Wirakarya Nasional dan Perkemahan Wirakarya Asia yang pertama," pengusaha asal Jember ini menambahkan.

Bahkan, kata Arum Sabil, pada tahun 1993, juga berlangsung Perkemahan Pramuka Wirakarya Sedunia Pertama (The First World COMDECA) di Jawa Timur. Tepatnya di Desa Lebakharjo, Malang pada tanggal 27 Juli sampai 7 Agustus 1993.

"Banggalah menjadi Pramuka Jawa Timur, karena di sinilah lahir sejarah-sejarah besar Gerakan Pramuka. Banggalah menjadi Pramuka Jawa Timur, karena di sinilah banyak tokoh besar bangsa dilahirkan," jelas Arum Sabil.

"Tokoh bangsa yang mempersatukan bukan menyingkirkan, membina bukan membinasakan, merangkul bukan menyingkur, mendewasakan bukan mengkerdilkan," tandasnya.

Sementara berdasarkan Pantauan Ketik.co.id, hadir dalam kegiatan ini Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang juga Kamabida Pramuka Jatim, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Kepala OPD Jawa Timur dan Forkopimda Trenggalek.(*)

Tombol Google News

Tags:

Raimuna Jatim Raimuna Daerah XIV Arum Sabil Kwarda Jatim Gubernur Khofifah