Arab Saudi Bangun Gedung Raksasa Mirip Ka'bah di Riyadh

Jurnalis: Ias Abdullah
Editor: M. Rifat

20 Februari 2023 03:10 20 Feb 2023 03:10

Thumbnail Arab Saudi Bangun Gedung Raksasa Mirip Ka'bah di Riyadh Watermark Ketik
Gedung The Mukaab. (Foto: Tangkapan layar video newmurabba.com)

KETIK, JAKARTA Proyek ambisius Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) belum berhenti. Rencana terbaru, Arab Saudi akan membangun gedung raksasa berbentuk kubus setinggi 400 meter di Riyadh.

Pembangunan mega proyek ini membuat beberapa pihak menyebut Kerajaan sedang ingin mendirikan 'Ka'bah Baru'. Proyek ini dinamakan 'The Mukaab' dan diluncurkan pada Kamis (16/2). Perusahaan pengembang proyek ini adalah The New Murabba Development Company.

“(Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan) Pusat kota modern terbesar di dunia di Riyadh,” tulis Pemerintah Arab Saudi dalam pernyataan resmi dilansir Middle East Eye.

Proyek tersebut merupakan bagian dari rencana pembangunan pusat kota Murabba di Riyadh. Nantinya, lokasi ini juga akan menjadi pusat ekonomi baru untuk ibu kota Saudi tersebut.

Media pemerhati arsitektur, Dezeen, menyebut proyek ini adalah upaya untuk membangun wajah baru Riyadh. Gedung ini juga akan menjadi salah satu bangunan terbesar di dunia.

Gedung ini berbentuk kubus seperti ka'bah. Tingginya adalah 400 meter. Sementara panjang setiap sisinya juga 400 meter. Dengan ukuran sebesar itu, bangunan ini akan menjadi gedung tertinggi di Riyadh.

Bangunan berbentuk kubus ini juga akan tertutup fasad atau muka bangunan yang berbentuk segitiga tumpang tindih. Gedung ini terinspirasi gaya arsitektur di wilayah Najd.

Jika sudah beroperasi, gedung tersebut akan diisi dengan berbagai pameran budaya, wisata, teater imersif, dan atrium.

Selain itu, di kawasan tersebut juga akan dibangun lebih dari 100 ribu unit hunian, 9.000 kamar hotel, 980 ribu meter persegi pertokoan, dan 1,4 meter persegi perkantoran.

Di lokasi tersebut juga bakal dibangun 80 tempat hiburan dan budaya, universitas teknologi dan desain, ruang serba guna dan museum ikonik.

Gedung pencakar langit Mukaab merupakan bagian dari rencana pembangunan di Murabba.

Namun, rencana Saudi tak selalu disambut baik. Beberapa pihak di media sosial mengkritik proyek raksasa ini yang bentuknya mirip Ka'bah.

Murabba merupakan salah satu dari beberapa mega proyek yang dicanangkan Saudi sebagaimana Visi 2030. Salah satu yang paling terkenal dan kontroversial adalah proyek Neom. Proyek tersebut panen kritik lantan dampak lingkungan dan dugaan pelanggaran hak asasi manusia terkait pembangunan itu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arab Saudi Ka'bah baru Riyadh The Mukaab