Antisipasi Kesuburan Menurun di Atas Usia 35 tahun, Ini Tips Jitu ala dr Beni

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

25 Mei 2023 14:12 25 Mei 2023 14:12

Thumbnail Antisipasi Kesuburan Menurun di Atas Usia 35 tahun,  Ini Tips Jitu ala dr Beni Watermark Ketik
Talkshow Kesehatan oleh Kadin, DPD RI dan Morulav IVF Indonesia. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id) 

KETIK, SURABAYA – Kadin Surabaya menggelar Talkshow Kesehatan bertajuk fase Kehidupan Setelah 35 tahun dan pengaruh paparan sinar matahari terhadap kesuburuan. Kegiatan ini dilaksanakan di Graha Kadin pada Kamis, (25/5/2023). 

Ketua Kadin Surabaya M Ali Affandi menjelaskan bahwa kegiatan bekerja sama dengan Morula IVF dan DPD RI ini bertujuan untuk menambah wawasan untuk peserta talkshow mengenai kesuburan. 

"Tujuan ini membuka wawasan teknologi lalu health tourism  di Jawa Timur khususnya di Surabaya ini tidak kalah di luar negeri," paparnya. 

Ali melihat bahwa adanya persaingan health tourism antar negara ini semakin ketat terutama di Malaysia, Singapura dan Thailand. 

"Di Surabaya ngga usah jauh-jauh ke Jakarta kita pun memiliki standart pelayanan kesehatan yang setara dengan pelayanan yang ada di luar. Jadi tujuan utama Kadin seperti itu," jelas Ketua Kadin Surabaya ini. 

Mengenai manfaat talkshow ini, Ali berharap peserta mampu menyerap ilmu yang sudah diberikan oleh Dokter Obgyn Morula IVG dr. Benediktus mengenai kesuburan juga akan meningkatkan pelayanan publik mengenai pelayanan kesehatan. 

"Yang ingin kita tingkatkan adalah pelayanan publik itu bisa merata tidak hanya swasta tetapi juga ke pemerintahan. Rumah sakit-rumah sakit pemerintah itu juga bisa mengambil best marking dengan rumah sakit yang ada di Surabaya dan di Indonesia," ucap Ali. 

Dijelaskan oleh Dokter Obgyn Morula IVG dr. Benediktus bahwa talkshow ini berguna untuk meningkatkan kepedulian dan informasi pentingnya pemahaman masyarakat tentang kesuburan. 

"Total vertility (kesuburan) rate kita juga sudah mulai menurun dan yang penting adalah harus tahu bahwa usia ini berpengaruh sekali pada pria maupun wanita," paparnya. 

Tidak hanya wanita, kesuburan pria juga menurun seiring bertambahnya usia, maka dari itu pentingnya mengecek lebih lanjut tentang kesuburan bagi wanita maupun pria. 

"Setelah 35 tahun kesuburan kualitas sperma akan menurun hampir separonya, karena separo (pasien) di Morulav itu banyak masalah karena sperma," ujar dr. Beni.

Untuk menghindari berkurangnya kesuburan, dr beni memberikan tips untuk pria. "Ubah pola hidup selama 3 sampai 6 bulan ini akan berpengaruh dengan kesuburan. Olahraga, makan makanan sehat," ujar dr. Beni. 

Untuk kegiatan Talkhsow Edukasi Kesehatan ini dihadiri oleh Ketua Kadin Surabaya M Ali Affandi dan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Surabaya Herlina Harsono. (*)

Tombol Google News

Tags:

KADIN Surabaya Ali Affandi Talkshow Kesehatan kesuburan Pria wanita