Antisipasi Dampak Kemarau, BPBD Pasaman Barat Keluarkan Himbauan

Jurnalis: Wawan Saputra
Editor: Muhammad Faizin

29 Juli 2024 11:30 29 Jul 2024 11:30

Thumbnail Antisipasi Dampak Kemarau, BPBD Pasaman Barat Keluarkan Himbauan Watermark Ketik
Kepala BPBD Pasaman Barat, Jhon Edwar (for ketik.co.id)

KETIK, PASAMAN BARAT – Dalam rangka mengantisipasi peningkatan dampak cuaca ekstrim musim kemarau, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, mengeluarkan  himbauan pada Senin (29/7/2024).

Kepala BNPB Pasaman Barat, Jhon Edwar, mengatakan, himbauan ditujukan bagi masyarakat Pasaman Barat dalam rangka meminimalisir dampak cuaca  musim kemarau yang melanda Pasaman Barat beberapa pekan terakhir.

"Mari bersama sama kita antisipasi segala hal yang mungkin dapat menimbulkan kebakaran, kekeringan, peyakit dan bencana lainnya," kata Jhon Edwar melalui pesan tertulis.

Adapun dalam himbauannya, John Edwar meminta masyarakat melakukan hal - hal sebagai berikut:
1. Tidak membuang puntung rokok sebelum api benar-benar padam.
2. Tidak melakukan pembakaran sampah ataupun lahan yang dapat memicu asap serta mengganggu pernafasan dan kebakaran,
3. Melengkapi sarana kantor dengan alat pemadam api ringan minimal tersedianya tabung pemadam api sebagai langkah antisipasi,
4. Menyiapkan langkah - langkah untuk mengatasi pernasalahan kekurangan air pada daerah tertentu dan selalu hemat dan bijak dalam penggunaan air,
5. Sebelum meninggalkan rumah / kantor ataupun beristirahat, periksa kembali peralatan listrik, dan kompor didapur.

Adapun bagi warga Pasaman Barat yang membutuhkan bantuan terkait bencana alam, dapat segera menghubungi Posko Bencana di BPBD Kabupaten Pasaman Barat hotline (112) atau Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan  Zulkarnain di nomor 0812 6618 1080 dan Kabid Kedaruatan dan Logistik Afrizal di nomor 0853 6464 5131.(*)

Tombol Google News

Tags:

bpbd Pasaman Barat Kemarau