Anti Kantong Kering, Lima Tips Menabung Bagi Pemula

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

21 Oktober 2023 01:00 21 Okt 2023 01:00

Thumbnail Anti Kantong Kering, Lima Tips Menabung Bagi Pemula Watermark Ketik
Ilustrasi mengelola keuangan bagi pemula. (Foto: freepik)

KETIK, MALANG – Bagi pemula, menabung mungkin saja menjadi hal yang sulit. Belum lagi jika ditambah dengan gengsi dan gaya hidup konsumtif. Apalagi jika memasuki awal bulan, seringkali muncul hasrat untuk membelanjakan uang yang baru saja diterima.

Jika tak dapat menahan godaan untuk berbelanja, tentu bisa mendatangkan masalah besar di akhir bulan. Akibat telah terlanjur kalap, bisa-bisa kalian hanya makan mie instan, ditemani obat sakit maag saja, setiap harinya!

Kalian tentu tidak ingin, kan, terus-terusan menghadapi kantong kering di akhir bulan. Tenang saja, Ketik.co.id memberikan tips anti kantong kering di akhir bulan yang sangat mudah dilakukan oleh pemula!

1. Selalu Catat Pendapatan dan Pengeluaran

Tiap kali kalian menerima dan mengeluarkan uang, jangan pernah malas untuk mencatatnya. Kalian bisa memanfaatkan template tabel maupun aplikasi pencatatan keuangan di smartphone. Dengan membuat daftar pendapatan dan pengeluaran, kalian dapat mengetahui kemana larinya uang kalian. Jika ada kegiatan yang membuat pengeluaranmu membengkak, maka lakukanlah evaluasi.

2. Atur Skala Prioritas

Membuat skala prioritas menjadi hal krusial dalam mengatur keuangan kalian. Buatlah daftar kebutuhan dari yang primer, hingga sekunder. Usahakan penuhi kebutuhan primer ataupun kebutuhan yang lebih mendesak terlebih dahulu. Jika sudah terpenuhi, pikirkan dengan matang apakah kalian perlu membeli kebutuhan sekunder tadi.

3. Berhenti Bersikap Impulsif

Kalian mungkin seringkali tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak butuhkan. Cobalah ubah pola pikir kalian bahwa mencari kebahagiaan tidak selalu harus dilampiaskan dengan berbelanja. Tidak perlu khawatir jika di media sosial teman atau kerabatmu terlihat bergelimang kemewahan. Untuk menghindari sofat impulsif, cobalah tetap berpegang pada skala prioritas yang telah kamu buat. Ini dapat membantu mengurangi pemborosan uang.

4. Rutin Menabung

Selalu sisihkan pendapatan yang kamu peroleh di awal bulan untuk menabung. Usahakan untuk memisahkan antara rekening tabungan dan rekening operasional. Hal tersebut dapat membantu kalian menghindari penggunaan uang tabungan untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, buatlah target masa depan yang ingin dicapai. Misalnya tabungan hari tua, pendidikan, maupun membeli rumah.

5. Jangan Takut Berinvestasi

Berinvestasi memang memiliki banyak risiko. Namun di balik itu ada potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika telah mengetahui cara mainnya. Sebelum memulai berinvestasi kalian harus belajar membuat strategi dengan mencari tahu jenis investasi yang cocok. Perlu diperhatikan, jangan berhutang hanya untuk dapat berinvestasi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Tips mengelola keuangan kantong kering akhir bulan gaji habis cara menabung