Angkutan Umum Mojokerto-Batu via Cangar Mulai Beroperasi

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

25 Januari 2024 11:30 25 Jan 2024 11:30

Thumbnail Angkutan Umum Mojokerto-Batu via Cangar Mulai Beroperasi Watermark Ketik
Terminal Kota Batu di Jalan Dewi Sartika Kota Batu. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Angkutan umum Mojokerto-Batu via Cangar mulai beroperasi. Jadi, bagi pengguna angkutan umum dari Mojokerto ke Kota Batu tidak perlu memutar jauh melewati Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang. 

Trayek angkutan yang menggunakan Minibus jenis Elf milik PO Bagong itu menempuh jarak sepanjang 57 kilometer dengan waktu tempuh selama 2 jam.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu, Agoes Machmoedi mengutarakan, ada 6 unit armada dalam trayek Mojokerto-Batu via Cangar. Armada tersebut beroperasi dari pukul 05.00 - 16.00 Wib dengan jeda keberangkatan 1 jam.

"Ada 6 unit armada, 3 unit berangkat dari terminal Kota Batu di Jalan Dewi Sartika, dan 3 unit berangkat dari Mojokerto,” katanya, Kamis (25/1/2024).

Agoes menjelaskan, trayek angkutan yang baru diresmikan Rabu (24/1/2024) kemarin tersebut dimulai dari terminal Kertajaya Kota Mojokerto - Simpang tiga Pacing Bangsal - Pasar Dlanggu - Simpang tiga Pesanggrahan Kutorejo - Bundaran Pacet - Sendi - Cangar berakhir di Terminal Batu. Begitupun sebaliknya, jika dari Terminal Batu menuju Kota Mojokerto.

“Hadirnya angkutan ini merupakan pelayanan dan pengembangan pelayanan angkutan umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Jawa Timur,” lanjutnya.

Armada Mojokerto- Batu Via Cangar menggunakan minibus Mitsubishi Canter yang masuk kategori luxury class atau non ekonomi. Terdapat 12 kursi penumpang yang dilengkapi fasilitas AC dan TV.

Pihak PO memberikan promosi selama dua bulan. "Tarif yang diterapkan selama promo ini sebesar Rp 30 ribu per orang," sambung Agoes.

Jalur cangar merupakan jalur yang ekstrem karena kondisi jalan yang berkelok-kelok dengan beberapa turunan yang tajam. Oleh karena itu, supir Armada harus mentaati Standar Operasional Prosedur atau SOP.

Diantaranya, angkutan wajib berhenti sejenak di area parkir Pemandian Air Panas Cangar, Rest Area Sendi dan Bundaran Pacet untuk mendinginkan sistem pengereman.

“Supir yang mengendarai armada ini adalah pilihan dan memiliki sertifikat. Mereka telah memenuhi kriteria melintasi jalur ekstrem cangar," tegas Agoes. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu terminal Kota Batu Mojokerto-Batu via cangar