Angin Kencang di Kota Batu Sebabkan Pohon Tumbang dan Atap Rumah Hancur

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

10 November 2023 02:28 10 Nov 2023 02:28

Thumbnail Angin Kencang di Kota Batu Sebabkan Pohon Tumbang dan Atap Rumah Hancur Watermark Ketik
Pohon tumbang akibat angin kencang terjadi di jalan raya Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu Kamis (9/11/2023). (Foto: BPBD Kota Batu)

KETIK, BATU – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Kamis (9/11/2023) sore di Kota Batu menyebabkan dua pohon tumbang dan atap rumah rusak.

Pohon tumbang terjadi di jalan raya perbatasan Kota Batu di Desa Pendem Kecamatan Junrejo dengan Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, serta di jalan raya Giripurno Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji.

Sedangkan, di Dusun Durek, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, angin kencang meluluh lantakkan atap rumah salah satu warga. Sehingga, sebagian kamar dan dapur rusak.

"Kami mendata, setidaknya ada tiga kejadian saat hujan disertai angin kencang yang terjadi sore kemarin," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, Jumat (10/11/2023).

Agung menguraikan, di Desa Pendem angin kencang merobohkan 3 pohon ceri, tiang PJU dan tiang Telkom. Sedangkan, di Desa Giripurno Pohon jenis Alpukat dan pohon jenis Randu tumbang karena angin kencang tersebut.

"Pohon tumbang tersebut terjadi di jalan raya yang mengakibatkan arus lalu lintas menjadi terganggu. Tim BPBD dan relawan bergerak cepat untuk membersihkan pohon tumbang itu supaya lalu lintas kembali normal," jelasnya.

Kemudian, BPBD juga telah melakukan penanganan darurat terhadap atap rumah milik Moh Sulaiman warga Dusun Durek, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji yang rusak karena angin kencang. Yaitu dengan memberikan terpal untuk menutup sementara atap yang rusak. 

"Selain memberikan terpal untuk penanganan darurat, kami melakukan tindak lanjut tahap pasca Bencana. Kemudian mengusulkan perbaikan rumah oleh dinas terkait," urai Agung.

Untuk mengurangi resiko bencana, BPBD Kota Batu mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati ketika beraktivitas diluar ruangan saat hujan intensitas tinggi dan angin kencang. Mengingat, bulan November telah memasuki musim hujan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Angin kencang Kota Batu pohon tumbang