Amankan Nataru, Polres Malang Siagakan 435 Personel Gabungan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

21 Desember 2023 12:43 21 Des 2023 12:43

Thumbnail Amankan Nataru, Polres Malang Siagakan 435 Personel Gabungan Watermark Ketik
Apel Operasi Lilin Semeru 2023 di Pendapa Kabupaten Malang, Kepanjen, Kamis, (21/12/2023).(Foto: Gumilang/ketik.co.id).

KETIK, MALANG – Polres Malang menyiagakan sebanyak 435 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Dishub dan Mitra Kamtibmas untuk mengamankan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Para personil yang bertugas itu melaksanakan apel Operasi Lilin Semeru 2023 di Pendopo Kabupaten Malang, Kepanjen, Kamis, (21/12/2023). Apel dipimpin Bupati Malang Sanusi dan dihadiri Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana.

Sedangkan rincian personel yang bertugas yakni 194 personil Polri, 52 personil TNI, 161 Personil Pemkab Malang dan 28 personil mitra Kamtibmas.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, mengatakan apel gelar pasukan ini menjadi tahap akhir pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi Lilin 2023.

Hal ini bertujuan agar pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 berjalan dengan optimal.

"Pengamanan Natal dan tahun baru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar," ujar Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana.

Ia juga menekankan pentingnya perencanaan dan persiapan yang matang, khususnya terkait transportasi, pasokan, dan distribusi bahan pokok sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Operasi Lilin Semeru akan berlangsung selama 12 hari, dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Pada Nataru tahun ini, Polri dan stakeholder terkait telah melakukan pemetaan masalah terkait kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang perlu diwaspadai," jelasnya.

Dalam hal kamseltibcar lantas, lanjut Kapolres Malang, Polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang memuat beberapa aturan.

Di antaranya pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut, dan penundaan perjalanan. SKB ini diharapkan dapat dipahami dan diimplementasikan dengan tepat di lapangan.

Kapolres Malang AKBP Putu juga menegaskan pentingnya optimalisasi fungsi command center yang dilengkapi dengan berbagai fitur modern dan terintegrasi dengan Closed-Circuit Television (CCTV) di lapangan.

"Hal ini bertujuan agar pengawasan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat dan tepat, serta seluruh personel di lapangan dapat bekerja secara terpadu," terangnya.

Menurutnya, sinergitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas menjadi kunci utama keberhasilan Operasi Lilin 2023. Kapolres Malang mengajak seluruh personel untuk terus meningkatkan kerjasama dan menjadikan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.

"Kami berpesan kepada seluruh personel untuk senantiasa menjaga kesehatan dan menjadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan. Jadikan setiap tugas sebagai ladang ibadah," tuturnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Polres Malang Nataru Kabupaten Malang