7 Peristiwa Besar di Indonesia yang Dicatat Sejarah Dunia Sepanjang 2022

Jurnalis: Mirza Ashari
Editor: Irwansyah

31 Desember 2022 13:49 31 Des 2022 13:49

Thumbnail 7 Peristiwa Besar di Indonesia yang Dicatat Sejarah Dunia Sepanjang 2022 Watermark Ketik
Tragedi Kanjuruhan Malang, salah satu peristiwa besar di Indonesia yang dicatat sejarah dunia. (Foto: TRIBUNNEWS.COM)

KETIK, JAKARTA – Sepanjang tahun 2022, sejumlah peristiwa besar terjadi di Indonesia dan dicatat sejarah dunia. Peristiwa penting yang menyedot perhatian dunia selama tahun 2022 menjadi bahan refleksi untuk menatap tahun 2023.

Tim Riset dan Pengembangan Ketik.co.id merilis ada tujuh peristiwa besar di Indonesia yang dicatat sejarah dunia sepanjang tahun 2022.

"Sederet peristiwa ini kami rangkum bersama tim untuk menjadi catatan atau refleksi akhir tahun. Semangat kita tahun 2023 Indonesia semakin lebih baik lagi menatap masa depan," kata Mirza Kamaludin Ashari, Koordinator Tim Riset dan Pengembangan Ketik.co.id.

Berikut 7 peristiwa penting di Indonesia yang dicatat sejarah dunia sepanjang tahun 2022:

1. Tragedi Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan terjadi pada 1 Oktober 2022 usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Insiden mematikan ini memakan korban jiwa 135 orang dan 583 luka-luka. Penghimpitan kerumunan massa dari supporter yang disebabkan gas air mata oleh aparat kepolisian menjadi penyebab utama terjadinya insiden berdarah ini.

Insiden ini merupakan bencana paling mematikan kedua dalam sejarah sepak bola di seluruh dunia, setelah tragedi Estadio Nacional 1964 di Peru yang menewaskan 328 orang.

Dengan demikian, bencana ini adalah yang paling mematikan nomor 1 di Asia, Indonesia, dan belahan bumi bagian timur.

2. Gempa Cianjur

Gempa Cianjur menjadi salah satu peristiwa terbesar di Indonesia yang memakan korban meninggal dunia ratusan orang. Menurut data BNPB, ada 334 orang meninggal. Sedangkan Bupati Cianjur Herman Suherman, menyebutkan korban meninggal dunia mencapai 600 karena ada warga yang meninggal pada saat kejadian dan langsung dimakamkan tanpa laporan.

Gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 ini terjadi pada 21 November 2022 yang berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas masih mencari secara pasif dengan mengawasi dan memonitor operator alat-alat berat.

BNPB mencatat ada sebanyak 114.683 jiwa yang mengungsi. Jumlah ini terdiri dari 54.781 orang pria, dan perempuan 59.902.

Gempa ini juga menyebabkan kerusakan rumah warga, dengan rincian rumah rusak berat sebanyak 4.376 unit, rusak sedang sebanyak 5.306, dan rusak ringan sebanyak 8.182 unit.

Sementara infrastruktur yang rusak terdiri dari sekolah sebanyak 511 unit, tempat ibadah 190 unit, fasilitas kesehatan 14 unit, dan gedung/perkantoran 17 unit.

3. Kasus Sambo

Kasus Sambo menjadi pelengkap peristiwa besar yang terjadi di Indonesia dan dicatat sejarah dunia. Pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat pada 8 Juli 2022  di Rumah Dinas Polri Jalan Duren Tiga, Jakarta Selatan menjadi teka-teki selama berbulan-bulan.

Ferdy Sambo, Jenderal Bintang Dua yang saat itu menjabat Kadiv Propam Polri menjadi dalang pembunuhan berencana kepada ajudannya. Ia melibatkan banyak pihak untuk memuluskan rencana busuk tersebut.

Setelah melalui banyak drama dan skenario palsu selama dua bulan, kasus penembakan ini akhirnya naik ke persidangan. Ferdy Sambo didakwa melakukan pembunuhan berencana terhadap Yosua dibantu istrinya, Putri Candrawathi, dan para ajudannya (Richard Eliezer Pudihang Lumiu, Ricky Rizal Wibowo, dan Kuat Ma'ruf).

Kendati begitu, motif pembunuhan itu masih misterius. Ferdy Sambo mengatakan istrinya telah dilecehkan oleh Yosua. Namun ada juga versi yang menyebut pembunuhan itu dilatari hubungan terlarang antara Putri dan Yosua.

Sidang kasus pembunuhan berencana Brigadir J yang bergulir sejak 17 Oktober 2022 masih berlanjut hingga kini.

4. Bom Bunuh Diri

Bom bunuh diri kembali terjadi di Indonesia. Insiden ini menjadi sorotan media asing. Pada 7 Desember 2022, aksi bom bunuh diri terjadi di markas Kepolisian Sektor Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat.

Serangan terorisme ini menewaskan dua orang yakni pelaku bom bunuh diri dan seorang personel kepolisian. Sedangkan korban luka ada 13 orang. 

Dampaknya, kejadian ini membuat indeks harga saham gabungan yang baru saja dibuka selepas ledakan dibuka melemah dengan turun 46 poin (0,61%) ke 6.848.

5. MotoGP Mandalika

Empat catatan di atas adalah catatan buruk. Tapi jangan pesimis. Indonesia di tahun 2022 ini juga mencetak sejarah positif yang dicatat dan diakui oleh dunia.

Ya, suksesnya MotoGP Mandalika adalah poin plus untuk Indonesia. Sebelum tahun 2022, balap kuda besi ini juga pernah mampir di tanah air. Yakni pada tahun 1996 dan 1997 silam, namun bukan di sirkuit Mandalika, tapi di sirkuit Sentul.

MotoGP Mandalika digelar pada Maret 2022 lalu dimana Miguel Oliveira berhasil naik podium 1. Terlepas dari intrik dan kontroversi yang mengikutinya, MotoGP Mandalika membawa banyak cerita apik dan berkesan.

Misalnya munculnya pawang hujan bernama Rara yang menjadi sorotan penonton dan warga pencinta MotoGP sedunia. Ia menyita perhatian publik karena di tengah derasnya hujan Mbak Rara berupaya menghentikan hujan dengan caranya sendiri yakni mengerahkan kekuatan mistisnya.

Pemilik nama lengkap Rara Istiati dianggap berhasil menghentikan hujan setelah melakukan ritual dan mengelilingi sirkuit. Aksi Rara ini mendapat pro kontra. Ia tak peduli meski sempat tidak diperbolehkan masuk oleh pihak Dorna.

6. KTT G20 Indonesia

Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 Desember 2022. Forum ini mempertemukan pemimpin negara dari anggota G20.

Sebanyak 17 presiden atau pemimpin negara hadir secara langsung di pertemuan bersejarah ini. Di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Dewan Eropa Uni Erop Charles Michel, Perdana Menteri Kanan Justin Trudeau, Perdana Menteri Itali Giorgia Meloni, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman Al Saud.

Presiden RI Joko Widodo menjadi primadona di forum ini karena dinilai sukses menggelar pertemuan tingkat tinggi dunia yang membahas perkembangan perekonomian. Jokowi menekankan pesan-pesan perdamaian untuk mencapai stabilitas ekonomi dunia.

7. Berdirinya Media Ketik.co.id

Ketik adalah media online pertama di Indonesia yang menyajikan Lowongan Kerja terupdate dengan informasi berita positif dan kolaboratif. Perusahaan media berbasis digital ini didirikan pada September 2022 di Surabaya.

Terma Ketik terinspirasi dari sebuah aktivitas tulis-menulis yang melekat pada profesi jurnalis. Media ini menjadi wadah kolaborasi berbagi informasi, data, grafik, dan audio-visual yang segar bagi pembacanya.

Tidak hanya menyediakan berita dan informasi, tapi juga sebagai portal lowongan kerja dan e-commerce dengan semangat kolaborasi nomor 1 di Indonesia.

Di era tranformasi media, Ketik mengusung spirit Networking, Collaboration & Commerce. Inilah Platform Media Kolaborasi Indonesia yang wajib Anda ikuti.

Ketik memiliki kanal Nusantara, Daerah, Internasional, Politik & Pemerintahan, Ekonomi & Bisnis, Pendidikan, Kesehatan, Olahraga, Lifestyle, Teknologi & Digital, Opini, dan Lowongan Kerja.

Saat ini, Ketik telah melakukan pengembangan ke sejumlah daerah. Kami ada di Surabaya (kantor pusat), Jakarta, Malang, Denpasar Bali, Kediri Raya, Aceh, Palembang, Solo, Jombang, Jember, Kaimana Papua Barat, dan daerah-daerah lainnya.

Kami akan terus berinovasi dan berkarya untuk Anda. Kantor kami (PT. KETIK MEDIA SIBER) berada di Jl. Raya Jemursari, No. 76 Blok D 3-4, Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. (*)

Tombol Google News

Tags:

Peristiwa besar 2022 Media Ketik Berdirinya ketik